Ternyata Berkaitan, Inilah Pengaruh Kolesterol pada Kesehatan Jantungmu

Tuesday, 21 September 2021

Jantung adalah organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh yang berisi nutrisi dan oksigen untuk sel-sel tubuh. Oleh karena itu, saat jantung mengalami gangguan, maka seluruh tubuh juga bisa terpengaruh. Ternyata, kesehatan jantung dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pola makan yang sehat, khususnya menghindari makanan yang tinggi kolesterol.

Ternyata koleterol sangat erat kaitannya dengan kondisi jantung kita. Inilah pengaruh kolesterol pada kesehatan jantungmu!

Lantas, mengapa makanan tinggi kolesterol berbahaya untuk jantung? Apakah selamanya kolesterol itu buruk untuk jantung? Yuk, cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini:

Pengaruh kolesterol terhadap kesehatan jantung

Kolesterol adalah senyawa yang memiliki banyak fungsi. Seperti membantu tubuh membangun sel-sel baru, melindungi saraf, dan memproduksi hormon. Biasanya, hati membuat semua kolesterol yang dibutuhkan tubuh. Namun, kolesterol juga bisa masuk ke tubuh melalui makanan, terutama makanan hewani seperti susu, telur, dan daging. Selain itu, terlalu banyak kolesterol dalam tubuh merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Saat ada terlalu banyak kolesterol dalam darah, maka kolesterol akan menumpuk di dinding arteri. Hal ini kemudian menyebabkan proses yang disebut aterosklerosis, suatu bentuk penyakit jantung. Arteri menjadi menyempit dan aliran darah ke otot jantung melambat atau tersumbat. Darah yang membawa oksigen ke jantung, dan jika tidak ada cukup darah dan oksigen mencapai jantung, maka kamu akan merasakan efeknya langsung yakni nyeri dada. Kemudian, saat suplai darah ke sebagian jantung terputus sama sekali oleh penyumbatan, maka kamu akan mengalami serangan jantung.

Baca Juga: Cara mengecek kolesterol

Dua jenis kolesterol yang kita ketahui adalah Low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol jahat) dan high-density lipoprotein (HDL atau kolesterol baik.) LDL adalah sumber utama dari plak penyumbatan arteri dan HDL sebenarnya berfungsi untuk membersihkan kolesterol dari darah. Ada pula trigliserida yang merupakan lemak lain dalam aliran darah yang  juga dapat dikaitkan dengan penyakit jantung.

Cegah penyakit jantung sekarang juga!

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung

  • Jangan sampai obsesitas. Kelebihan berat badan cenderung membuat LDL meningkat dan Itu juga akan menambah ketegangan pada jantung. Lakukan pola hidup sehat agar tidak sampai kelebihan berat badan apalagi obesitas.
  • Tetap aktif ‘bergerak’. Olahraga dapat membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan jumlah kolesterol  baik dalam darah.
  • Pilah makanan. Makanan yang dianjurkan adalah sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Kacang, biji-bijian, dan polong-polongan juga merupakan makanan yang menyehatkan jantung. Jika anda mengonsumsi daging, pilihlah yang tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan ikan berlemak daripada daging merah atau olahan. Produk susu harus rendah lemak. Hindari lemak trans sama sekali. Pilih minyak zaitun, kanola, atau safflower daripada margarin.
  • Berhenti merokok. Ucapkan selamat tingga pada kebiasaan buruk satu ini. Yuk, hentikan rokok dan sayangi jantungmu!
  • Lakukan pemeriksaan rutin kesehatan jantung. Hal ini penting terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga. Semakin cepat kamu mengetahui bahwa kamu mungkin berisiko, semakin cepat tindakan bisa diambil untuk membantu mencegah penyakit jantung.
  • Suplemen untuk mencegah kolesterol tinggi. Jaga kesehatan jantungmu sejak dini dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. hemaviton Cardio, pertama di Indonesia dengan Phytosterol 5000 mg, bahan alami yang dapat melakukan pencegahan dini sebelum kolesterol masuk ke dalam darah serta Vitamin dan Mineral kaya antioksidan untuk memelihara kesehatan tubuh. Minum 3 x sehari 1 kaplet pada saat makan untuk bantu mengurangi kolesterol dalam darah.

Sudah paham kan guys, pengaruh kolesterol pada kesehatan jantungmu? Terapkan pola hidup sehat, mulai sekarang!

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Jantung untuk Kamu yang Suka Makan Daging

Sumber: halodoc