Cara Mengecek Kolesterol Tanpa Alat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Saturday, 22 June 2019

Selama ini banyak orang mengidentikkan kolesterol dengan penyakit dan memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Memang benar, namun semua itu hanya akan terjadi jika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi batas kewajaran. Sebaliknya, kolesterol termasuk sebagai salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki manfaat baik untuk jaringan saraf, hati, membantu perekembangan otak anak, bahkan berperan dalam menciptakan hormon seksual jika berada dalam jumlah yang wajar, yaitu sekitar 1100 miligram kolesterol dibutuhkan tubuh setiap harinya. Kebutuhan kolesterol ini sendiri dapat dipenuhi melalui makanan yang kita konsumsi setiap harinya, contoh sederhananya adalah telur, namun tentunya harus dikonsumsi dalam batas kewajaran.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara memeriksakannya secara rutin, apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit kronis tertentu. Terdapat beberapa kriteria ideal pada hasil tes pemeriksaan kolesterol, yaitu:

  • LDL: kurang dari 130 mg/dL (semakin rendah jumlahnya, semakin baik).
  • HDL: lebih dari 60 mg/dL (semakin tinggi jumlahnya, semakin baik).
  • Kolesterol total: kurang dari 200 mg/dL (semakin rendah jumlahnya, semakin baik).
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL (semakin rendah jumlahnya, semakin baik).

Cara mengecek kolesterol

Selain memeriksakan ke dokter dan laboratorium, Anda bisa mengecek kolesterol di rumah dengan menggunakan alat tes kolesterol melalui sampel darah ujung jari Anda diletakkan pada strip pengukur. Namun jika Anda tidak memiliki alat tes kolesterol, berikut ini beberapa cara mengecek kolesterol tanpa alat yang bisa Anda lakukan di rumah sebagai langkah deteksi dini terhadap kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Cek Apakah Nyeri Tubuh Bagian Bawah

Cara cek kolesterol yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan merasakan sakit pada telapak kaki, betis, lutut, pangkal paha, paha, dan bokong akibat peredaran darah yang kurang lancar akibat tersumbatnya arteri oleh tumpukan kolesterol. Jika beberapa bagian tubuh ini mulai terasa nyeri atau mudah lemas dan lelah, serta telapak kaki terasa dingin maka bisa dipastikan kadar kolesterol dalam tubuh cukup tinggi. Jika sudah mulai merasakan hal seperti ini, coba kurangi konsumsi makanan penyebab kolesterol dan segera konsultasikan ke dokter.

 

2. Memeriksa Area Sekitar Kornea Mata

Cara mengecek kolesterol dalam tubuh selanjutnya adalah dengan memeriksa area di sekitar kornea mata. Perhatikan dengan seksama, jika terdapat lingkaran berwarna abu-abu atau putih di sekitar kornea (garis lemak yang mengendap), maka bisa jadi kadar kolesterol dalam tubuh sedang cukup tinggi.

 

3. Perubahan Kondisi Kulit dan Kuku

Anda juga bisa mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh melalui perubahan kondisi kuku yang disebabkan oleh aliran darah menuju jantung yang terhambat penumpukan kolesterol di arteri. Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi biasanya akan mengalami kerontokan bulu kaki, sehingga kulit kaki terasa kencang dan mengkilat. Tak hanya itu, perubahan pun akan terjadi pada bagian kuku, di mana kuku akan menebal dan tumbuh lebih lama.

 

4. Kram Saat Malam Hari

Sering mengalami susah tidur saat malam hari karena rasa kram atau kesemutan? Hal ini juga bisa mengindikasikan bahwa kadar kolesterol dalam tubuh cukup tinggi, apalagi jika terjadi secara terus menerus tanpa diberikan penanganan lebih lanjut.

Beberapa cara mengecek kolesterol di atas tentu bisa terjadi karena ada pemicunya, biasanya karena konsumsi makanan yang mengandung purin cukup tinggi seperti jeroan, seafood, minuman manis, minuman beralkohol, dan gaya hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, butuh usaha yang kuat untuk mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, diantaranya adalah dengan mengatur pola makan, menurunkan berat badan, melatih kekuatan jantung dengan cara berolahraga, dan juga mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Cardio.

hemaviton Cardio mengandung- Phytosterol 500 mg yang mampu membantu memblok kolesterol yang masuk melalui makanan sebelum masuk ke dalam darah. Tak hanya itu, vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam hemaviton Cardio juga mampu membantu mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah. Dengan begini, Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman setiap harinya.