Mengurangi Makan Makanan Penyebab Kolesterol Menjelang Tahun Baru

Monday, 30 December 2019

Selain pesta kembang api, makan besar bersama keluarga dan teman dekat dengan berbagai menu hidangan lezat menjadi salah satu tradisi menyambut tahun baru. Memang terdengar sangat menyenangkan, namun sadarkah kamu bahwa hampir sebagian besar makanan yang ada ini mengandung kolesterol yang tinggi dan jika dikonsumsi secara berlebihan pasti akan memberikan efek buruk untuk kesehatanmu.

Makanan Penyebab Kolesterol

 

Gorengan

Makanan pertama yang pasti muncul di setiap perayaan adalah gorengan. Well, gorengan atau berbagai bahan masakan yang digoreng menggunakan minyak sayur memang memiliki rasa yang enak dan gurih. Namun, justru makanan inilah yang mengandung trans-fat atau jenis lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan LDL atau lemak jahat dalam darah dan dikategorikan sebagai jenis lemak yang paling berbahaya. Untuk itu, berhati-hatilah dalam mengonsumsinya, ya.

Daging

Tahun baru memang selalu identik dengan pesta barbecue, di mana akan banyak tersedia daging merah,  daging olahan (sosis, bacon, nugget), hingga seafood untuk disantap. Meski daging merah ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti lemak dan protein, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan justru akan memicu naiknya kadar lemak jahat dalam darah.

Baca Juga: 4 Makanan Favorit yang Punya Kolestrol Tinggi

Snack

Makanan penyebab kolesterol selanjutnya adalah segala macam camilan seperti popcorn, donat, roti, biscuit, bahkan cookies yang biasanya akan banyak disediakan sebagai teman menunggu pergantian tahun. Namun lagi-lagi, konsumsilah dalam batas kewajaran karena camilan ini mengandung saturated fat yang bisa memicu organ hati untuk memproduksi LDL (lemak jahat) lebih banyak sehingga membuat kadar lemak dalam darah meningkat.

Minuman Bersoda

Tak hanya makanan, minuman pun bisa juga mengandung kolesterol yang tinggi. Contohnya adalah minuman bersoda. Meski rasanya menyegarkan, namun ternyata minuman bersoda mengandung pemanis buatan dalam jumlah yang cukup besar dan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah, bahkan lebih bahayanya lagi bisa memicu timbulnya berbagai penyakit serius seperti diabetes, jantung, dan obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan. Alih-alih minum minuman bersoda, kamu bisa lho menggantinya dengan jus buah atau air putih yang memiliki manfaat lebih baik untuk kesehatan. Tenang, malam pergantian tahun kamu pasti akan tetap menyenangkan kok meski tanpa minuman bersoda.

Namun, yang namanya pesta tahun baru tentu beberapa makanan penyebab kolesterol di atas adalah hal yang sulit untuk kamu hindari. Oleh karena itu, kamu harus tahu kadar kolesterol dalam darahmmu dengan cara mengecek kolesterol tanpa alat yang bisa dilakukan di rumah. Solusi selanjutnya kamu bisa minum suplemen seperti hemaviton Cardio sebelum makan. Kandungan Phytosterol 500mg di dalamnya mampu membantu memblok kolesterol pada makanan sebelum masuk ke dalam darah. Tidak hanya itu, hemaviton Cardio juga dilengkapi dengan kandungan vitamin dan juga mineral antioksidan penting yang bisa menghambat terjadinya penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah, sehingga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Dengan begini, kamu bisa menikmati malam pergantian tahun dengan lebih aman dan nyaman, serta bisa menjalani tahun yang baru dengan tubuh yang lebih sehat.