4 Makanan Favorit yang Punya Kolestrol Tinggi

Wednesday, 06 December 2017

Low density lipoprotein (LDL), merupakan kolestrol jahat yang bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah ke atau dari jantung. Pada akhirnya, penyumbatan tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung dan kardiovaskular. Karenanya untuk menjaga kolesterol dalam tubuh agar tidak menjulang tinggi, penting diketahui untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans. Mau tahu apa saja? Intip daftar 5 makanan favorit yang punya kolestrol tinggi berikut.

Kacang-Kacangan

Seperti dilansir dari livestrong.com, Kacang memang dikenal sebagai camilan sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Sebaiknya konsumsi jenis-jenis kacangan seperti almond, hazelnut dan kacang pinus yang memiliki kandungan HDL atau kolesterol baik dan tentunya bagi kesehatan. Namun, kamu tetap harus memperhatikan cara pengolahan kacang. Sebaiknya olah kacang dengan cara direbus atau dipanggang, hindari mengolahnya dengan cara menggoreng. Sebab kacang yang sehat bisa menjadi sumber makanan penyebab kolesterol ketika digoreng dengan banyak minyak. Wah, hati-hati ya!

Es Krim

Satu cangkir es krim cokelat mengandung 15,36 gram lemak jenuh – atau hampir setara dengan dengan kebutuhan lemak jenuh harian kamu berdasarakan panduan American Heart Asociation. Jadi, kalau kamu ingin makan 1 cangkir es krim cokelat kaya tanpa meningkatkan kolesterol LDL, maka kamu harus menghentikan asupan lemak jenuh lainnya pada hari tersebut, misalnya daging, keju, susu dan produk hewani lainnya. Sebagai gantinya, imbangi dengan makanan berkadar kolesterol rendah seperti biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan (yang tidak digoreng tentunya!), dan sayuran.

Sosis

Menurut klaim dari American Heart Association, sosis masuk kedalam jenis makanan olahan mengandung kolestrol jahat. Hal ini dikarenakan sosis dibuat dengan kanduangan lemak yang dibekukan sehingga mengandung lemak trans berbahaya.

Kuning Telur

Telur merupakan makanan protein tinggi dengan banyak manfaat kesehatan. Namun, kuning telur termasuk jenis makanan yang mengandung kolesterol. Dianjurkan untuk memakan putih telur tanpa bagian kuningnya.

Untuk menghindari kolestrol Anda sebaiknya mengurangi makan-makanan yang mengandung lemak jenuh, mekonsumsi buah-buahan dan meminum hemaviton Cardio. Phytosterol yang terkandung didalam hemaviton Cardio merupakan bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan berfungsi memblok kolesterol yang masuk ke tubuh melalui makanan agar tidak masuk ke dalam darah. 

Baca Juga: Cara Mengecek Kolesterol Tanpa Alat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Related Article

WELLNESS

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi: Batasi Konsumsi Beberapa Jenis Daging Berikut Ini!

Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh...

SELENGKAPNYA
WELLNESS

Ternyata Berkaitan, Inilah Pengaruh Kolesterol pada Kesehatan Jantungmu

Jantung adalah organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh yang berisi nutrisi dan oksigen...

SELENGKAPNYA