Pentingnya Cek Kolesterol Secara Rutin

Friday, 09 February 2018

Memeriksa kolesterol secara teratur ternyata sangat penting untuk memantau kesehatan organ kardiovaskular. Menurut beberapa penelitian, mereka yang memiliki kolesterol tinggi bisa saja tidak sadar akan masalahnya, dalam artian, kadar kolesterol yang tinggi tidak memiliki gejala-gejala yang khas. Seseorang yang merasa dirinya sehat bisa saja menderita penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol tinggi. Oleh karena itu kondisi ini sering juga disebut sebagai silent killer. Satu-satunya cara untuk mendeteksi kolesterol yang tinggi adalah dengan langsung melakukan tes darah.

Sebelum terlambat, setiap orang yang berusia di atas 20 tahun disarankan oleh lembaga American Heart Association untuk melakukan pengecekan kolesterol setiap 4 sampai 6 tahun sekali. Jika kadar kolesterol Anda normal, disarankan untuk melakukan pengecekan setiap 5 tahun sekali. Namun jika kadar kolesterol Anda sudah melebihi ambang batas, tentunya Anda harus lebih ketat dalam menjadwalkan pengecekan.

Kolesterol akan diukur dengan cara menghitung kadar lemak di dalam darah, dan yang perlu diwaspadai adalah angka LDL (low-density lipoprotein) sebagai tolok ukur normal atau tidaknya kesehatan kardiovaskular Anda. Menurut Healthline.com, kadar LDL yang diperbolehkan adalah 100 mg/dL ke bawah, dan yang termasuk tinggi adalah 160 mg/dL ke atas. Jika LDL Anda tinggi, Anda juga perlu mengawasi kadar trigliserida agar tidak melebihi 200 mg/dL karena ini artinya risiko penyakit jantung Anda pun semakin tinggi. Selain LDL dan trigliserida, ada juga HDL (high-density lipoprotein) yang justru merupakan tipe kolesterol ‘baik’ karena bisa membantu membuang kolesterol berlebih dalam darah yang biasanya jadi penyebab penyumbatan. Kadar HDL ideal adalah 60 mg/dL, dan dikatakan rendah jika angkanya di bawah 40 mg/dL. Anda mungkin akan diminta untuk berpuasa dari makan dan minum selama 8 jam sebelum tes darah dilakukan demi mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Jagalah selalu pola makan Anda agar senantiasa sehat dan minumlah hemaviton Cardio untuk membantu memblok dan mencegah kolesterol masuk ke dalam peredaran darah. Kandungan Phytosterol di dalamnya merupakan bahan alami yang bisa menjaga kadar kolesterol Anda tetap aman, dan jika diimbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur, Anda tak perlu was-was lagi mengenai naik turunnya kolesterol Anda.