6 Cara Mengurangi Nyeri Sendi Tanpa Minum Obat

Wednesday, 24 April 2019

Nyeri sendi adalah hal yang wajar dialami oleh manusia, dan biasanya disebabkan kerusakan pada tulang rawan. Banyak cara mengobati nyeri sendi selain mengonsumsi obat, ini dia beberapa cara mengatasi nyeri sendiyang bisa Anda lakukan.

Olahraga low impact

Nyeri sendi biasanya terjadi karena otot tubuh (terutama bagian kaki) merasa tegang, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan gerakan teratur alias olahraga yang bertujuan untuk mempertahankan fleksibilitas atau kelenturan dalam sendi. Tak perlu olahraga berat, karena Anda hanya perlu melakukan olahraga low impact  seperti aerobic, bersepeda, berenang, atau treadmill dengan kecepatan rendah untuk membantu melenturkan sendi tanpa menambah beban yang akan mengganggu kekuatan persendian.

Mengompres dengan air dingin dan hangat

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan terapi kompres, yaitu kombinasi antara suhu dingin dan hangat pada persendian yang nyeri. Gunakan kompres air dingin untuk mengurangi rasa nyeri, dan kompres air hangat untuk melenturkan sendi yang kaku. Sensasi dingin dan hangat ini juga terbukti mampu memberikan kenyamanan pada persendian yang nyeri, lho.

Baca Juga: Siapa Saja yang Bisa Mengalami Gejala Gangguan Saraf Neurotropik

Pijat ringan

Anda juga bisa melakukan pijatan ringan pada bagian yang terasa nyeri dengan tujuan untuk melenturkan otot sehingga rasa sakitnya bisa berkurang. Namun, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar, atau bisa juga dengan mendatangi langsung ahli pijat yang berpengalaman.

Akupunktur

Selain pijatan ringan dengan terapis berpengalaman, cara mengurangi nyeri sendi tanpa minum obat lainnya adalah dengan mencoba teknik akupunktur, yaitu memasukkan jarum kecil di beberapa bagian tubuh tertentu, dan tentunya dengan bantuan langsung dari sang ahli.

Menurunkan berat badan

Nyeri sendi juga bisa timbul karena terlalu lama menumpu beban yang cukup berat, dan biasanya menyerang beberapa persendian di bagian sendi lutut, pinggul, dan kaki. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengurangi berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Tak perlu dengan diet ketat, karena Anda juga bisa memulainya dengan mengurangi porsi makan (namun kebutuhan gizi tetap terpenuhi), tidak makan malam, olahraga teratur. Berhubung kondisi tubuh setiap manusia berbeda, maka ada baiknya juga untuk mengonsultasikannya langsung pada ahli gizi mengenai cara paling tepat untuk mengurangi berat badan Anda.

Mengonsumsi asam lemak yang tepat

Cara mengurangi rasa nyeri tanpa minum obat yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3 seperti ikan salmon, minyak ikan, kacang-kacangan, sayur bayam, dan masih banyak lainnya. Namun, dengan padatnya aktivitas sehari-hari ternyata masih ada solusi lain yang bisa Anda lakukan dengan lebih praktis, yaitu mengonsumsi suplemen tambahan dengan kandungan Omega 3 yang baik bagi kesehatan persendian, seperti hemaviton JointCare MAX.

Kandungan Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM dapat membantu redakan nyeri dan jaga kesehatan sendi. Tersedia dalam bentuk kapsul, hemaviton JointCare MAX siap membuat sendi anda sehat, agar dapat aktif bergerak kapan pun dan dimanapun.

Related Article

WELLNESS

Neuropati Perifer : Gejala dan Penyebab Sesuai Jenisnya

Hampir bisa dipastikan bahwa sebagian besar pekerja kantoran atau mereka yang seringkali melakukan gerakan...

SELENGKAPNYA