Jangan Abaikan Kebas dan Kesemutan, Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin Neurotropik

Tuesday, 22 June 2021

Bila kram, kebas, dan kesemutan yang kamu alami semakin sering terjadi, ada baiknya kamu mulai memperhatikannya secara serius. Bisa jadi hal itu bukan semata-mata terjadi akibat kelelahan dan posisi tubuh yang salah saja, namun dikarenakan tubuhmu kekurangan vitamin neurotopik. Inilah ciri-ciri tubuh kekurangan vitamin neurotopik!

Dilansir dari klik dokter, vitamin neurotropik adalah golongan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf. Kelompok vitamin ini terdiri dari B1, B6, dan B12.

Kekurangan Vitamin B1

Vitamin B1 (tiamina atau thiamine) berperan memetabolisme karbohidrat dan mengubahnya menjadi energi. Selain itu, vitamin B1 juga baik untuk saraf. Orang yang kekurangan vitamin B1 akan mengalami Sebagian atau bahkan seluruh ciri berikut; lemah, gangguan daya ingat, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, rasa tidak enak diperut, penurunan berat badan, hingga penyakit beri-beri (gangguan pada saraf perifer), kebingungan, dan kehilangan memori jangka pendek.

Kekurangan Vitamin B6

Vitamin B6 (piridoksina atau pyridoxine) juga baik untuk kesehatan saraf, yaitu membantu pembentukan mielin (selubung saraf) dan transmisi saraf pada otak. Jika kekurangan vitamin satu ini, maka kemungkinan kamu akan mengalami ciri seperti depresi, kebingungan, bibir pecah-pecah, dab anemia.

Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 (kobalamin) perannya penting dalam pembentukan mielin. Selubung mielin melindungi serat saraf dan memengaruhi kecepatan transmisi sinyal. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan jaundice (penyakit kuning), lemah, gangguan keseimbangan dan koordinasi tubuh, sesak, pusing, penglihatan kabur, dan perubahan mood. Dalam jangka lama, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan saraf dan memberikan sensasi pins and needles (ditusuk-tusuk). Kebas dan kesemutan juga merupakan gejala defisiensi vitamin B12.

Baca Juga: Penting, Ini 4 Jenis Gangguan Neuropati Perifer yang Harus Anda Ketahui

Nah sekarang kamu sudah tahu kan ciri-ciritubuh yang kekurangan vitamin neurotropik? Lantas, bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12? Tentunya dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Sumber vitamin B1 antara lain telur, susu, roti, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta kacang polong. Vitamin B6 bisa didapatkan dari sayuran seperti buncis, kentang, dan bayam. Atau sumber protein seperti kan salmon, dada ayam, tuna, dan hati sapi. Sedangkan sumber vitamin B12 antara lain daging, ikan, ayam, telur, dan produk susu. Namun jika kamu khawatir pola makan harianmu tidak dapat memenuhi asupan ketiga vitamin tersebut, kamu bisa mengonsumsi hemaviton Neuro Forte.

hemaviton Neuro Forte adalah suplemen kesehatan untuk mengobati kerusakan sel saraf atau neuropati dengan gejala kesemutan dan kebas akibat kekurangan vitamin neurotropik. Kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg untuk mengobati kekurangan vitamin neurotropik. Minum 1 kaplet sehari sesudah makan untuk memelihara kesehatan saraf.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Nyeri Sendi Tanpa Minum Obat

Related Article

ACTIVE

hemaviton C1000, Bantu Maksimalkan Penyerapan Vitamin C Dalam Tubuh Saat Traveling

Vitamin C adalah salah satu asupan yang tidak boleh dilewatkan, khususnya saat musim hujan datang. Namun...

SELENGKAPNYA
ACTIVE

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum hemaviton Stamina Plus?

Pada orang dewasa, mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Stamina Plus untuk membantu menjaga...

SELENGKAPNYA