Kurang Vitamin Neutropik Badan Jadi Kebas dan Kesemutan, Bagaimana Mengatasinya?

Wednesday, 17 June 2020

Banyak orang mengabaikan sinyal yang diberikan tubuh seperti kebas atau ksemutan, karena dianggap sepele dan tidak berbahaya. Padahal, kebas dan kesemutan bisa saja merupaka gejala gangguan kesehatan yang lebih serius seperti kerusakan saraf tepi (neuropati). Jika benar penyebab kebas dan kesemutan yang kamu alami adalah akibat gangguan neuropati, maka segera ambil langkah untuk mengatasinya. Bagaimana caranya?

Kebas dan Kesemutan, Ciri Kerusakan Saraf

Ternyata kebas dan kesemutan akibat neuropati dapat diatasi dengan mengonsumsi vitamin neutropik. Dilansir dari detik health, dr Manfaluthy Hakim, SpS(K) dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia pada 2018 lalu mengungkapkan, kombinasi vitamin B1, B6 dan B12 secara rutin dan berkala mampu mengurangi gejala neuropati akibat kerusakan saraf tepi. Dalam studi yang dipublikasikan di Asian Journal of Medical Sciences 2018, disebutkan bahwa gejala kerusakan saraf tepi seperti kebas, kesemutan, rasa terbakar dan nyeri hilang secara signifikan.

Dengan mengonsumsi vitamin neutropik secara tertartur, perbaikan pada setiap minggu mulai terlihat dimulai dari minggu kedua. Penelitian dilakukan selama 12 minggu di 8 kota di Indonesia dengan 411 partisipan berusia 18 hingga 65 tahun. Para partisipan merupakan pengidap neuropati karena berbagai penyakit seperti diabetes, carpal tunnel syndrome, idiopati dan penyakit kombinasi.

Oleh karena itu, konsumsi Hasil penelitian menyebut secara keseluruhan, gejala neuropati yang dirasakan partisipan berkurang hingga 62 persen. Jika dikaji lebih rinci, rasa nyeri berkurang hingga 64,7 persen, rasa terbakar berkurang 80,6 persen, kesemutan berkurang 61,3 persen dan rasa kebas berkurang hingga 55 ,9 persen.

Baca Juga: Penting, Ini 4 Jenis Gangguan Neuropati Perifer yang Harus Anda Ketahui

 

Mencukupi Kebutuhan Vitamin Neutropik

Lebih lanjut, dokter mengungkapkan bahwa kebas dan kesemutan hanyalah kerusakan saraf tepi tahap awal, sedangkan pada tahap lanjut bisa sampai menyebabkan kelumpuhan karena kerusakan saraf motorik. Itu sebabnya mencegah krusakan saraf secara permanen sangat penting dilakukan, salah satunya dengan cara memenuhi kebutuhan kombinasi vitamin B dan mengurangi kebiasaan sehari-hari yang berdampak buruk bagi sendi seperti mengonsumsi rokok dan alkohol, menyetir mobil atau motor dalam waktu yang lama, serta penggunaan gadget yang kurang tepat.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B, kamu bisa mendapatkannya dari hemaviton Neuro Forte, yang terdiri dari kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg untuk atasi kebas dan kesemutan, serta mencukup kebutuhan vitamin neutropik. Dengan demikian, kerusakan saraf bisa dicegah sejak dini, tubuh kamu pun terasa lebih bugar!