4 Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut yang Bisa Dilakukan di Rumah

Friday, 15 February 2019

Nyeri sendi adalah hal yang wajar dialami oleh manusia, dan biasanya disebabkan kerusakan pada tulang rawan. Salah satu gangguan persendian yang banyak dialami oleh kaum pekerja, adalah rasa nyeri yang menyebabkan lutut sakit. Hal ini biasanya terjadi akibat banyaknya aktivitas berat yang dilakukan setiap harinya, seperti olahraga terlalu keras atau kegiatan lain yang banyak melibatkan pergerakan pada tempurung lutut. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3, ini dia beberapa cara mengatasi lutut sakit yang bisa Anda lakukan di rumah.

Kompres dengan kantong es

Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengurangi rasa nyerinya di rumah dengan cara mengompresnya menggunakan kantong es atau handuk yang dicelupkan ke dalam air es. Sensasi dingin inilah yang akan memberikan rasa nyaman pada persendian dan juga dipercaya bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi saat lutut sakit.

Pijatan ringan

Cara mengatasi nyeri lutut yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah dengan memberikan pijitan ringan di bagian paha dan lutut. Simak beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan berikut ini:

  • Mengepalkan kedua tangan dan memukul paha bagian atas, tengah, dan bawah dengan perlahan sebanyak 10 kali. Lakukanlah gerakan ini dalam keadaan duduk dan kaki sambil meluruskan kedua kaki.
  • Gerakan selanjutnya adalah menggunakan empat jari tangan (kecuali jempol) untuk mengetuk lutut dari atas ke bawah sebanyak 10 kali secara perlahan.
  • Lalu letakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.

Olahraga ringan

Meski sedang mengalami nyeri pada lutut, angan sampai hal ini Anda jadikan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Justru melakukan aktivitas fisik yang banyak melibatkan gerakan lutut kaki ternyata mampu membantu penyembuhan jaringan tulang rawan yang rusak. Tentunya aktivitas fisik yang ringan, agar nyeri sendi tidak semakin parah.

Salah satu olahraga ringan yang bisa Anda lakukan saat nyeri lutut adalah dengan melakukan gerakan duduk dan bangun selama satu menit secara perlahan. Selain olahraga ringan, cobalah juga untuk mengurangi aktivitas berat yang biasanya menjadi penyebab timbulnya lutut sakit.

Minum suplemen

Selain melakukan beberapa tindakan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan Omega 3 yang baik bagi kesehatan persendian seperti hemaviton JointCare MAX. Kandungan Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM pada hemaviton JointCare MAX bantu jaga kesehatan sendi sehingga mampu mengurangi rasa nyeri sendi pada lututdan Anda pun bisa kembali aktif bergerak.

Related Article

WELLNESS

Ini Jadinya Jika Tubuh Kekurangan Vitamin C, D Dan Zinc

Tubuh membutuhkan vitamin C, D, dan Zinc untuk menjaga kesehatan secara optimal. Kekurangan nutrisi ini...

SELENGKAPNYA
WORKLIFE

Yuk, Simak Cara Tingkatkan Stamina dan Konsentrasi Saat Pekerjaan Menumpuk

Menghadapi tumpukan pekerjaan yang terus bertambah dapat menjadi tantangan, tetapi dengan menerapkan...

SELENGKAPNYA