4 Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D untuk Tubuh

Friday, 06 August 2021

Sama seperti berbagai asupan penting lainnya, kebutuhan Vitamin D tubuh juga harus terpenuhi. Manfaatnya banyak sekali, terutama untuk menunjang imunitas tubuh di masa pandemi. Namun, kamu mungkin masih bingung, bagaimana cara memenuhi kebutuhan Vitamin D untuk tubuh? Berikut tipsnya!

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Sumber Vitamin D yang paling mudah didapatkan sebenarnya berasal dari sinar matahari. Coba biasakan untuk berjemur di pagi hari agar dapat menjaga sistem imun dalam tubuh tetap bugar. Namun berbeda dengan pendapat populer yang selama ini diketahui masyarakat bahwa berjemur idealnya dilakukan di pagi hari, hasil penelitian baru-baru ini justru menunjukkan fakta baru. Hal ini diungkapkan oleh Dokter ahli gizi dan magister filsafat mengenai waktu berjemur yang tepat dan baik dilakukan oleh masyarakat khususnya Jakarta dan Bekasi, Indonesia. Dokter Tan memaparkan penelitian yang dilakukan oleh dokter ahli gerontologi (ilmu penuaan) di RS Cipto Mangunkusumo, Prof Dr Siti Setiati SpPD-KGER di Indonesia.

Mengutip dari kontan.co.id, dr. Tan mengungkapkan hasil penelitian menunjukkan jika manfaat yang ingin didapatkan dari paparan sinar matahari langsung ke kulit tubuh adalah vitamin D, maka waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat sinar ultraviolet B adalah pukul 11.00 sampai pukul 13.00. Nah bagi kamu yang ingin meningkatkan kadar vitamin D, untuk imunitas, dr. Tan menganjurkan untuk berjemur sekitar 15 menit antara pukul 10.00 - 14.00. Jangan terlalu lama karena justru dapat meningkatkan risiko penyakit pada kulit.

2. Mengonsumsi Vitamin D dapat Bersumber dari Nabati atau Hewani

Vitamin D yang bersumber dari tumbuhan (nabati), disebut juga dengan Vitamin D2. Vitamin D2 bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jamur. Ternyata jamur mampu menghasilkan vitamin D2 (ergocalciferol) sendiri setelah terpapar sinar UV. Jadi, membuat makanan berbahan jamur bisa jadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D tubuh.

Jika Vitamin D yang bersumber dari nabati disebut dengan D2, maka Vitamin D yang bersumber dari hewani disebut dengan Vitamin D3 (Cholecalciferol). Beberapa penelitian, menyimpulkan Vitamin D3 lebih mudah diabsorbsi oleh tubuh manusia. Sumbernya pun cukup variatif, seperti seafood (tuna, ikan kembung, tiram, udang, sarden, dan teri), kuning telur, hingga susu sapi.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Dampaknya Kalau Tubuh Kekurangan Vitamin D

3. Mengonsumsi suplemen tambahan

Jika tidak yakin kebutuhan Vitamin D harian kamu terpenuhi hanya melalui sinar matahari dan makanan, ada baiknya kamu mengonsumsi suplemen tambahan. Apalagi jika menurut hasil pemeriksaan, kamu memang mengalami defisiensi Vitamin D. Suplemen yang mengandung Vitamin D tentunya memiliki dosis harian yang terukur sehingga memudahkan kamu dalam memenuhi asupan Vitamin D.

Baca Juga: Vitamin D, Suplemen Daya Tahan Tubuh Paling Dicari Selama Pandemi!

Demikian 3 cara untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D untuk tubuh. Tenang saja, kamu bisa memilih hemaviton C1000 dengan Formula TOTAL CARE yang mengandung berbagai asupan penting yang dibutuhkan tubuhmu diantaranya Vitamin C1000mg, Vitamin D3, dan Zinc. Semuanya berfungsi menjaga daya tahan dari serangan berbagai virus dan kuman yang menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit. Sehingga seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (kulit), hingga ke tingkat sel bisa berfungsi lebih optimal.

Tersedia juga pilihan varian hemaviton C1000 less sugar untuk kamu yang concern terhadap asupan gula ke tubuh, lebih rendah gula, rendah kalori. Dapatkan segera produknya dalam kemasan kaleng, botol, maupun serbuk dengan melakukan pembelian di Indomaret, Alfamart & Alfamidi atau melalui marketplace kesayanganmu.