Tips atasi warna kulit tidak merata

Friday, 02 September 2016

Perempuan yang berkulit halus mulus tanpa noda meninggalkan kesan pertama bahwa ia perempuan resik, segar, dan mampu merawat dirinya dengan baik. Nggak heran hal ini jadi salah satu standar kecantikan buat perempuan Indonesia. Sayangnya ada berbagai faktor yang bisa merusak mulusnya kulit. Contohnya paparan sinar matahari dan tidak stabilnya hormon. Kedua factor ini bisa menimbulkan flek hitam dan pigmentasi kulit yang tidak merata alias melasma. Selain itu, jerawat atau bekas luka juga bisa mendorong produksi melanin berlebih hingga meninggalkan bekas yang membandel, yang disebut juga post-inflammatory hyperpigmentation (PIH). Jika warna kulitmu tak merata padahal kamu masih berusia 20an, hati-hati, ini salah satu tanda penuaan dini lho! Yuk ikuti langkah di bawah ini untuk jaga kulitmu tetap mulus dan bersih dari flek hitam :

Konsultasi dengan dermatologis
Menentukan asal muasal flek hitam sangat penting. Supaya kita bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Perawatan yang salah kaprah justru bisa membuat flek hitam semakin parah. Misalnya, ada perawatan laser UV untuk menghilangkan flek hitam namun tidak cocok untuk menghilangkan melasma dan PIH.

Pakai tabir surya
Seperti yang sudah disebut sebelumnya, sinar matahari adalah salah satu musuh utama penyebab warna kulit tidak merata. Setelah mandi, jangan lupa oleskan tabir surya ke seluruh kulitmu yang tidak tertutup pakaian. Usahakan pakai tabir surya dengan kadar SPF minimal 15, dan kamu bisa tingkatkan ke SPF 30 saat kamu akan beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa mengulang aplikasi tabir suryamu setelah beberapa jam atau jika kulitmu berkeringat.

Jaga hormon tetap stabil
Tidak seimbangnya hormon estrogen dalam tubuh perempuan, misalnya akibat menopause, memang bisa mengakibatkan timbulnya warna kulit tidak merata. Hal ini sangat normal terjadi. Namun untuk kamu yang masih belum menopause, kamu bisa menjaga keseimbangan hormone dengan cara menghindari stress dan tidur dengan pola teratur. Jika kita tidur terlalu larut atau tidak teratur, produksi hormon melatonin akan terganggu. Padahal hormon tersebut adalah hormon yang memengaruhi kondisi kulitmu.

Minum vitamin C dan E
Vitamin E berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan sel. Antioksidan dalam Vitamin C juga penting untuk mencerahkan kulit, bantu produksi kolagen dan menghambat proses penuaan. Kedua vitamin ini tersedia dengan praktis dan dalam takaran yang sesuai untukmu dalam kapsul hemaviton Skin Nutrient. Minumlah 1 sampai 2 kali sehari untuk menutrisi jaringan kulitmu dari dalam.