Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Keluarga yang Sedang Isoman

Friday, 25 February 2022

Menjaga daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi tentu menjadi hal yang sangat penting. Apalagi jika kamu sedang berada di tengah keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun, dengan menjadi satu-satunya orang yang sehat di rumah tak lantas membuat kamu mengabaika protokol kesehatan, ya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat meski dikelilingi anggota keluarga yang sedang sakit. 

Memisahkan diri dari anggota keluarga yang sakit

Saat mengetahui hasil tes swab dan menjumpai ada anggota keluarga yang terinfeksi dan memutuskan untuk isolasi mandiri di rumah, kamu memiliki dua pilihan: tetap bertahan di rumah atau mengungsi ke rumah saudara. Jika memutuskan untuk tinggal di rumah, pastikan untuk memisahkan diri ke ruangan lain, ya. Misalnya dengan menempatkan anggota keluarga yang terinfeksi di lantai atas atau ruangan lain yang jauh dari jangkauan kamu. 

Menggunakan masker saat keluar kamar atau ruangan

Tips menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan tetap menggunakan masker (bila perlu lapisi masker medismu dengan masker kain) saat berada di rumah, terutama saat keluar kamar. Pastikan juga untuk selalu mengingatkan anggota keluarga yang terinfeksi agar menggunakan masker mereka untuk mencegah penularan, ya.

Rutin menyemprotkan disinfektan di rumah

Kamu juga bisa menyemprotkan cairan disinfektan di seluruh bagian rumah untuk mencegah penularan virus yang masih menempel di permukaan benda atau perabot rumah. Beberapa spot yang berpotensi mengandung virus dan kuman antara lain gagang pintu, meja makan, helm, remote TV, kursi, sofa, hingga mainan anak.

Menggunakan kamar mandi yang berbeda

Selain memisahkan diri ke ruangan yang berbeda, cegah penularan virusnya dengan menggunakan kamar mandi atau toilet yang berbeda. Jika kebetulan di rumah hanya ada satu kamar mandi dan toilet saja, pastikan untuk selalu menyemprotkan disinfektan setelah memakainya.

Menggunakan alat makan yang berbeda

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan alat makan yang berbeda. Nah, berhubung kamu merupakan salah satu anggota keluarga yang bebas virus, maka menyiapkan makanan dan minuman menjadi tugasmu selama anggota keluarga lainnya menjalankan isoman. Pisahkan alat makan dan cuci kembali menggunakan sabun dan dibilas menggunakan air bersih. Bila perlu, rendam dalam air panas untuk mensterilkannya, ya.

Mengonsumsi makanan bernutrisi

Cara menjaga daya tahan tubuh selama mendampingi keluarga isolasi mandiri di rumah adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi adalah sebagai berikut.

  • Makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, jeruk nipis, atau lemon. Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh dan hanya bisa didapatkan melalui konsumsi sayur dan buah-buahan.
  • Sayuran hijau, misalnya brokoli dan bayam yang mengandung vitamin A, D, C, E, serta antioksidan yang dapat melawan sumber penyakit
  • Minum air rebusan jahe secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Makanan dengan kandungan zinc  seperti daging, makanan laut (kerang, ikan, udang), telur, biji bijian, dan kacang kacangan

 Baca Juga: Selain Menyegarkan, Yuk Intip Manfaat hemaviton C1000 TOTAL CARE untuk Tubuh

Selain dengan mengonsumsi beberapa makanan di atas, pastikan juga untuk mengurangi konsumsi gula yang biasanya terdapat di berbagai minuman atau dessert yang biasa kamu nikmati. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula justru bisa menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, obesitas, hingga diabetes. 

Berolahraga secara rutin

Cara menjaga daya tahan tubuh yang pasti efektif tentunya adalah olahraga selama minimal 30 menit setiap harinya. Tak perlu olahraga yang berat, olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah selama isoman misalnya adalah strength training atau latihan kekuatan yang melibatkan resistensi atau beban untuk melatih otot tertentu pada tubuh. Tak hanya bermanfaat untuk melatih kekuatan otot, jenis olahraga yang satu ini juga bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga produksi hormon endorphin meningkat. Tenang saja, untuk bisa melakukan latihan ini, kamu bisa mempraktikkannya langsung dengan cara mencontohnya dari tayangan video di internet. 

Kamu juga bisa memanfaatkan alat treadmill di rumah untuk jogging atau sekadar jalan santai di rumah. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, cara yang satu ini juga efektif membakar kalori untuk menurunkan berat badan, lho. Kamu tertarik?

Mengonsumsi suplemen tambahan

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan, kamu juga bisa melengkapinya dengan cara mengonsumsi suplemen seperti hemaviton C1000 TOTAL CARE. Kandungan Formula TOTAL CARE dari Buffered Vitamin C 1000 mg, D3 dan Zinc di dalamnya bekerja secara sinergis meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (pertahanan lapis pertama), hingga ke tingkat seluler (pertahanan lapis ke-3). Kandungan Buffered Vitamin C, lebih tidak asam sehingga nyaman di lambung.  

Untuk kamu yang sedang mengurangi gula, hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar juga bisa menjadi pilihan yang cocok untuk diminum dalam keadaan dingin setelah berolahraga nih karena lebih rendah gula dan kalori, serta mengandung pemanis alami Stevia. Tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin? Yuk, segera siapkan persediaan hemaviton C1000 TOTAL CARE di rumah dengan cara membelinya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayanganmu.  

Pastikan juga anggota keluarga yang lain untuk ikut mengonsumsinya agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga, ya! Boost Immune, Stay Fit!

Artikel Lainnya: Selain Mengencangkan, Ini Dia Fungsi Kolagen untuk Kulit Wanita yang Bisa Kamu Rasakan