5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Bagi Kamu yang Menuju Usia Kepala Tiga

Monday, 10 January 2022

Memasuki usia kepala tiga, sadarkah kamu bahwa ada begitu banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita, lho. Bahkan, dilansir dari laman situs Beautynesia.id, kekuatan tulang kita mencapai tingkat maksimum di usia ke-30. Jadi, tak heran jika belakangan ini kamu mudah merasa pegal, nyeri otot, sendi kaku, mulai muncul kerutan di kulit wajah, dan beragam masalah kesehatan lainnya. Meski belum terlihat dengan jelas, namun beberapa hal ini bisa menandakan bahwa kamu sudah mulai memasuki proses penuaan. What a nightmare!

Umumnya, perubahan kondisi fisik ini juga dipengaruhi oleh menurunnya daya tahan tubuh akibat pola makan yang kurang sehat, aktivitas yang cukup padat, hingga kurangnya asupan vitamin serta mineral dalam tubuh. Namun tenang, sebelum semuanya terlambat, yuk simak beberapa cara menjaga daya tahan tubuh berikut ini agar di usia kepala tiga tubuh tetap fit, berstamina, dan awet muda!

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara menjaga daya tahan tubuh paling utama yang harus kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Jika biasanya kamu termasuk sebagai seorang wanita yang malas untuk berolahraga, maka lain ceritanya saat mulai memasuki usia kepala tiga. It’s all because saying NO is not an option.  

Namun tenang, bukan berarti kamu harus melakukan olahraga yang cukup berat, lho. Pastikan untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh dan dilakukan minimal 30 menit setiap harinya. Begitu banyak jenis olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan, mulai dari jogging, bersepeda, berenang, yoga, hingga hanya dengan berjalan kaki selama 45 menit setiap harinya juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membakar kalori tubuh. Bahkan, dengan olahraga secara teratur juga terbukti bisa menjaga kesehatan kulit tubuh agar tetap kencang, kenyal, dan awet muda, lho.

Mempertimbangkan Porsi Makan

Selain berolahraga, menyesuaikan porsi makan dengan kebutuhan kalori dan nutrisi dalam tubuh juga sangat penting dilakukan. Untuk memastikan apakah jumlah asupan kalori makanan sudah sesuai, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi kesehatan atau dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Makan dalam porsi kecil namun sering
  • Makan tepat waktu
  • Mengganti camilan dengan sayur atau buah
  • Rutin minum air putih minimal 2 liter setiap harinya
  • Mengurangi porsi nasi dan perbanyak sayur serta sumber protein dalam satu piring
  • Mengurangi konsumsi makanan berminyak
  • Menghindari makanan yang terbuat dari tepung

Baca Juga: Aturan Minum Vitamin C yang Benar Agar Lebih Efektif

Mengurangi Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan gulanya, seperti boba, es kopi susu, cokelat, dessert, martabak, atau makanan serta minuman manis lainnya yang biasanya dikonsumsi saat bekerja ataupun saat bertemu dengan teman.  

Dilansir dari laman online Kumparan.com, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis bisa menyebabkan kerusakan sel-sel dalam sistem imun tubuh dalam melawan bakteri. Selain itu, konsumsi gula berlebihan juga bisa memicu peradangan tingkat rendah dalam tubuh yang dapat meningkatkn risiko seseorang mengidap penyakit kronis, seperti kardiovaskuler dan diabetes.  

Percayalah bahwa dengan semakin bertambahnya usia, maka penting juga untuk mulai mengurangi asupan gula dalam tubuh. Selain untuk bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi asupan gula juga bisa membuat kulit semakin halus dan awet muda, lho.

Menghindari Makanan Cepat Saji

Apakah kamu termasuk seorang yang menyukai makanan cepat saji? Yup, selain rasanya yang nikmat, cara penyajian yang cukup cepat juga menjadi alasan bagi kamu untuk memilihnya, apalagi di saat pekerjaan sedang cukup padat dan diburu waktu. Namun, sepertinya kamu harus mulai mengurangi bahkan menghindari makanan yang satu ini demi menjaga kesehatan tubuh dan mendukung pola hidup sehat yang kamu terapkan.  

Dilansir dari Kompas.com, makanan cepat saji dan makanan yang diproses dapat memicu peradangan, meningkatkan permeabilitas usus, dan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri di usus. Kondisi inilah yang bisa berdampak buruk terhadap kekebalan tubuh jika dilakukan secara terus-menerus. Sebagai solusinya, kamu bisa mengganti makanan ini dengan makanan sehat yang kamu bawa dari rumah berupa sayur serta buah-buahan sebagai bekal makan siang saat beraktivitas di luar rumah agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan, cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen tambahan, seperti hemaviton C1000 TOTAL CARE kandungan Formula TOTAL CARE dari Buffered Vitamin C 1000 mg, D3 dan Zinc bekerja secara sinergis meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (pertahanan lapis pertama), hingga ke tingkat seluler (pertahanan lapis ke-3). Kandungan Buffered Vitamin C, lebih tidak asam sehingga nyaman di lambung.

Dan Tak perlu khawatir, kini tersedia hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar juga lebih rendah gula dan rendah kalori, cocok untuk kamu yang sedang mengurangi asupan gula dalam tubuh. So, begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam satu produk, bukan? Yuk, segera lengkapi persediaan hemaviton C1000 TOTAL CARE di rumah dengan membelinya secara langsung  di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau dapatkan juga di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayanganmu. Psst! Agar makin nikmat, cobalah untuk mengonsumsinya dalam kondisi dingin, ya!

Artikel Lainnya: Ini yang Terjadi Saat Tubuh Kekurangan Vitamin B6