Ini yang Terjadi Saat Tubuh Kekurangan Vitamin B6

Monday, 27 December 2021

Vitamin B Kompleks terdiri dari beberapa turunan vitamin B, diantaranya B1, B6, B12, dan masih banyak lagi. Setiap turunan vitamin B memiliki fungsi yang spesifik untuk kesehatan tubuh. Kali ini, kita akan mencari tahu lebih lanjut mengenai Vitamin B6. Apa saja manfaatnya dan apa yang terjadi saat tubuh kekurangan vitamin B6? 

Vitamin B6 adalah nutrisi yang penting bagi fungsi dan perkembangan saraf otak. Vitamin B6 juga berperan dalam produksi hormon serotonin, melatonin dan norepinefrin. Selain itu, Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi antibodi dan hemoglobin, serta menjaga kadar gula dalam tubuh tetap normal. Vitamin B6 dikenal juga dengan nama pyridoxine. Vitamin B6 alami bisa diperoleh dari sayuran, daging, ikan, telur, sereal, pisang, dan kacang-kacangan.  

Sebenarnya, kebutuhan Vitamin B6 bisa dipenuhi dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Namun tetap ada kemungkinan tubuh kita tidak mendapatkan asupan vitamin dengan optimal. Oleh karena itu, kamu bisa memperhatikan ciri-ciri yang terjadi saat tubuh kekurangan vitamin B6 berikut ini.

  1. Ruam Kulit

Kekurangan vitamin B6 adalah salah satu penyebab ruam merah dan gatal yang disebut dermatitis seboroik yang muncul di kulit kepala, wajah, leher, dan dada bagian atas. Ruam ini bisa dikenali dikenali dengan penampilannya yang berminyak, bersisik, dan dapat menyebabkan pembengkakan atau bercak putih. Salah satu alasan kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan ruam kulit adalah karena vitamin ini membantu mensintesis kolagen yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. 

  1. Bibir pecah-pecah

Cheilosis adalah luka atau lesi di sudut bibir yang berwarna kemerahan, terasa nyeri, kering, terbakar, dan gatal. Area yang retak bisa berdarah dan terinfeksi. Ternyata gejala ini juga termasuk kondisi medis yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B6. Akibatnya aktivitas seperti makan atau berbicara pun akan terganggu.

  1. Nyeri pada lidah

Glositis adalah kondisi peradangan pada lidah. Jika kamu kekurangan B6, lidahmu bisa menjadi bengkak, sakit, licin, meradang atau memerah. Permukaan lidah yang mengilap dan halus disebabkan oleh hilangnya papila. Paiula adalah benjolan di lidah yang apabila sampai parah dapat menyebabkan rasa sakit saat makan atau bicara. 

Baca Juga: Mengenal Vitamin B Kompleks dan Manfaatnya untuk Tubuh

  1. Kekebalan tubuh melemah

Sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik adalah kunci untuk mencegah infeksi, peradangan, dan berbagai jenis kanker. Apabila kamu kekurangan Vitamin B6, sistem kekebalan tubuhmu akan terganggu.

  1. Kelelahan

Jangan sepelekan jika tubuhmu sering merasa gampang capek. Kekurangan B6 Kekurangan vitamin B6 juga bisa membuat kamu kelelahan dan kurang berenergi karena Vitamin B6 membantu pembuatan hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, Jika sel -sel tubuhmu tidak mendapatkan cukup oksigen karena terlalu sedikit hemoglobin, itulah kondisi yang disebut anemia. 

  1. Kesemutan

Kekurangan B6 dapat menyebabkan kerusakan saraf yang disebut neuropati perifer. Gejala neuropati perifer mungkin termasuk rasa terbakar, nyeri menusuk, atau kesemutan bisa di lengan, tungkai, tangan, dan kaki. Kerusakan saraf juga dapat menyebabkan kecanggungan, masalah keseimbangan, dan kesulitan berjalan. 

Nah itulah hal-hal yang mungkin terjadi apabila kamu kekurangan Vitamin B6. Tapi tenang saja, kalau kamu khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan Vitamin B6 dari asupan makanan sehari-hari, konsumsi saja hemaviton Neuro Forte. Suplemen yang terdiri dari kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg untuk mencukupi kebutuhan vitamin neurotropik.

Sumber: alodokter, kompas.com

Artikel Lainnya: Aturan Minum Vitamin C yang Benar Agar Lebih Efektif