Mengenal Vitamin B Kompleks dan Manfaatnya untuk Tubuh

Monday, 30 August 2021

Familiar dengan istilah Vitamin B Kompleks? Ya, banyak suplemen yang menghadirkan kandungan B Kompleks di dalam komposisinya. Namun pakah Anda tahu Vitamin B Kompleks terdiri dari apa saja dan juga manfaatnya? Jika belum, yuk mengenal Vitamin B Kompleks dan manfaatnya untuk tubuh!

Dilansir dari hellosehat.com, Vitamin B kompleks adalah stimulus yang mengubah makanan menjadi bahan bakar di dalam tubuh. Jenis vitamin yang satu ini menjaga fungsi tubuh agar tetap berjalan. Sesuai dengan namanya, Vtamin B kompleks memiliki beberapa turunan vitamin yang dibagi menjadi delapan jenis yang  masing-masing memiliki fungsi berbeda. Namun, semua vitamin B kompleks memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk mengubah makanan menjadi energi, sehingga organ di dalamnya bekerja dengan baik.

Vitamin B Kompleks dan Manfaatnya

 Vitamin B3 (niasin)

Sama seperti vitamin B kompleks pada umumnya, vitamin B3 yaitu jenis vitamin yang larut di dalam air dan bisa dijumpai dalam makanan. Vitamin yang juga disebut sebagai niasin ini dibagi menjadi dua jenis, yakni nikotinat dan nikotinamida. Niasin larut dalam air, sehingga jumlah berlebih yang tidak dibutuhkan tubuh akan keluar melalui urine. Khasiat dari vitamin B3 adalah mengubah makanan menjadi energi, membantu meningkatkan fungsi enzim, memaksimalkan fungsi vitamin B kompleks lainnya, meningkatkan sistem pencernaan, sistem saraf, dan kulit, serta membantu hormon kortisol (untuk mengendalikan stres fisik maupun emosional). Ada banyak makanan yang mengandung vitamin B3, seperti daging merah, beras merah, ikan, hingga sereal dan biji-bijian.

Vitamin B5 (asam pantotenat)

Vitamin B5 atau asam pantotenat yaitu vitamin yang membantu tubuh memanfaatkan lemak dan protein. Manfaat yang diperoleh dari vitamin B kompleks ini, antara lain memecah lemak dan karbohidrat menjadi energi, membantu tubuh memanfaatkan vitamin lainnya (misal riboflavin), dan membantu  produksi sel darah merah. Jika ingin mendapatkan manfaat dari vitamin B5, kamu bisa mendapatkannya melalui daging, alpukat, brokoli, susu, dan kacang-kacangan.

Vitamin B6 (piridoksin)

Dikenal sebagai piridoksin, vitamin B6 ternyata sama berkhasiatnya dengan vitamin B kompleks lainnya. membantu menghasilkan insulin, melawan infeksi, dan membuat asam amino non-esensial. Sumber vitamin B6 pun tidak jauh berbeda dengan sumber vitamin B6 lainnya, yakni kacang-kacangan, ayam, pisang, kentang, dan ikan.

Baca Juga: Ingin Bebas Diabetes? Waspadai Insulin Trap!

Vitamin B8 (inisitol)

Fungsi utama vitamin B8 yaitu menjadi bagian dari membran sel tubuh. Vitamin ini bekerja dengan protein, lemak, gula, dan fosfat untuk membentuk membran sel yang kokoh sehingga bisa menjalankan fungsinya. Jenis vitamin yang banyak terkandung dalam buah dan sayur ini juga memengaruhi pengiriman sinyal dan zat kimia dari otak. Sebagai tambahan, asupan vitamin B8 juga berpengaruh terhadap fungsi hormon tertentu dalam tubuh Anda.

Vitamin B12 (cobalamin)

Cobalamin atau vitamin B12 yaitu jenis vitamin yang berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, juga dapat meningkatkan fungsi dan perkembangn otak dan sel saraf,mencegah anemia, serta penting untuk metabolisme protein. Sumber vitamin B12 biasanya berasal dari protein hewani, seperti daging, hati, kerang, telur, dan produk susu..

Ternyata banyak sekali manfaat dari Vitamin B Kompleks. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi terpenting dari Vitamin B kompleks adalah megolah makanan menjadi energi. Dapatkan manfaat Vitamin B Kompleks dalam hemaviton Jreng dalam bentuk serbuk yang menyegarkan untuk bantu jaga stamina dan membuat badan menjadi segar terutama bagi mereka yang aktif bekerja keras. Kandungan Ginseng Extract dan Taurine membuat badan tetap segar dan berenergi. Diperkaya dengan Madu sebagai sumber energi alami penambah stamina dan daya tahan. Memiliki rasa enak dan segar. Dapatkan produknya di Tempo Store melalui marketplace kesayangan kamu!

Baca Juga: Manfaat dan Efek Samping Minuman Energy Drink

Sumber: hellosehat.com