4 Board Games Asyik yang Bisa Mengasah Kemampuan Otakmu

Monday, 06 March 2017

Apakah kamu suka bermain games? Kegiatan seru untuk mengisi waktu ini mungkin lebih sering kamu lakukan di gadget ya? Namun jika kamu punya waktu luang, beberapa board games –manual tentu saja—bisa jadi mainan pengisi waktu yang nggak kalah seru. Permainan ini bisa kamu mainkan bersama dengan teman atau keluarga. Nilai plusnya, permainan ini juga bisa mengasah otak dan daya ingat kamu. Apa saja ya?

Scrabble
Board game yang satu ini udah cukup terkenal dan bisa dibilang sebagai salah satu mainan klasik. Yang belum pernah main, silakan tanya orang tua atau kakak kamu deh gimana asiknya main Scrabble! Inti dari permainan Scrabble ini adalah untuk mendapatkan poin setinggi mungkin dengan cara menyusun huruf yang kamu punya menjadi sebuah kata utuh, di atas sebuah papan khusus yang udah tersedia. Serunya, tiap huruf dan tiap posisi di papan bisa memberimu jumlah poin yang berbeda-beda. Jadi selain harus pintar menemukan kata untuk disusun, kamu juga harus bisa mengatur strategi penempatan kata itu sendiri agar bisa mendapat poin tertinggi mengalahkan lawanmu. Scrabble biasanya hadir dalam bahasa Inggris, namun versi Bahasa Indonesianya juga ada kok. Biarpun terbilang lumayan serius karena harus mikir. Asiknya lagi, kamu juga bisa sambil nemuin kata-kata baru yang belum pernah kamu denger sebelumnya lho!

Taboo

Tenang, walaupun namanya Taboo, mainan ini sama sekali nggak membahas hal-hal yang tabu kok! Boardgame yang satu ini justru akan mengasah kemampuan komunikasi, bicara dan menjelaskan sesuatu dengan kata-kata kita sendiri. Cara mainnya, secara acak kamu akan mendapat beberapa kartu yang berisi istilah tertentu. Nah, dalam waktu singkat kamu harus menjelaskan kepada pemain lain supaya mereka bisa menebak istilah di kartu kamu, dan kamu juga ditantang nggak boleh menyebut 5 kata-kata “tabu” yang berhubungan dengan jawaban itu sendiri. Contohnya nih, buat jelasin kartu dengan jawaban basket, kamu bisa aja dilarang menggunakan kata-kata seperti olahraga, lapangan, keranjang, lempar dan lompat. Dengan begitu kamu dipaksa berpikir cepat dan kreatif menggunakan kosakata yang unik dan out of the box.

Charades

Kalau Taboo mengutamakan kemampuan bicara kamu, Charades ini kebalikannya. Sama-sama dimulai dari diberi kartu yang berisi jawaban secara acak. Tapi kali ini kamu malah sama sekali tidak boleh bicara untuk menjelaskan isi jawaban tadi. Yep, semua penjelasan kamu ke temen-temen lain harus semuanya diperagain dengan gerakan dan gestur tubuh kamu! Kamu mau ga mau harus mencoba bergerak dengan kreatif dan berusaha mempraktikkan “bahasa tubuh” supaya jawaban kamu bisa ditebak orang lain. Untuk yang harus menebak pun pasti pengetahuan dan logikanya akan meningkat setelah main game ini!

Werewolf

Nah, kalau Werewolf, beda lagi! Game yang satu ini mentingin banget interaksi sosial antara semua pemain. Dan menang enggaknya kamu bergantung pada seberapa hebat kamu membaca gerak gerik seseorang atau mengelabui seseorang. Inti dari gamenya sendiri adalah gimana para pemain yang dapat peran manusia harus menebak dengan tepat siapa yang memerankan Werewolf (manusia serigala) di antara mereka sebelum semua si Werewolf ini habis menyantap mereka. Jadi, sepanjang permainan kamu akan terus bertanya-tanya siapa yang bicara jujur dan siapa yang bohong. Atau jangan-jangan kamu Werewolf yang harus berpura-pura menjadi manusia supaya lolos dari tangkapan yang lainnya? Nah game ini akan mengasah kemampuan kamu bersosialisasi dan membaca pikiran seseorang dari gerak geriknya. Seru kan?