Penyebab Kolesterol Tinggi, Tidak Selalu dari Makanan!

Wednesday, 06 October 2021

Pola makan dan kolesterol memang saling berhubungan erat. Beberapa jenis makanan tertentu dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah terutama makanan berlemak dan makanan yang digoreng. Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya tidak selalu berasal dari makanan. Ada faktor-faktor lain yang juga bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh Kamu tinggi. Berikut adalah daftarnya.

 

1. Genetik

hiperkolesterolemia familial adalah keadaan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi karena faktor keturunan. Jika salah satu atau kedua orang tua Kamu atau saudara kandungmu ada yang memiliki kondisi ini maka besar kemungkinan Kamu juga berrisiko memiliki kolesterol tinggi. Lakukan pengecekan kadar kolesterol sejak usia anak-anak agar terhindar dari risiko komplikasi jantung. Orang dengan kolesterol tinggi karena turunan memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi yaitu 300 miligram per desiliter (mg/dL) atau lebih tinggi.  Lebih mengkhawatirkan lagi, kemungkinan kamu tidak mengalami gejala kolesterol yang spesifik sehingga tidak dapat mendeteksi kondisi ini kecuali melakukan pemeriksaan darah di laboraturium.

Baca Juga: Cara Mengecek Kolesterol

 

2. Usia dan Jenis Kelamin

Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring pertambahan usia. Asosiasi Jantung Amerika menyatakan, laki-laki berusia di atas 45 tahun dan perempuan berusia di atas 55 tahun berisiko besar mengalami kolesterol tinggi. Kadar kolesterol juga meningkat seiring bertambahnya lingkar perutmu. Mulailah waspada jika kamu memiliki lingkar perut yang besar—meski secara umum berat badanmu masih berada dalam batas normal. Institut Jantung, Paru-paru, dan Darah Nasional di AS menetapkan ukuran lingkar pinggang yang sehat pada perempuan adalah kurang dari 88 cm, sedangkan pada laki-laki lebih kecil dari 102 cm. Angka di atasnya menkamukan Kamu memiliki perut yang buncit dan lebih berisiko mengalami disebut diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit arteri koroner, serta risiko kematian yang lebih tinggi. Jika linggar perut Kamu sudah masuk kategori buncit, berkonsultasilah kapada dokter atau ahli gizi untuk melakukan diet sehat.

 

3. Aktivitas fisik minim

Kebanyakan orang dewasa menghabiskan waktu di depan komputer dan duduk di kursi, padahal hal ini menyebabkan risiko kolesterol tinggi meningkat. Berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit adalah hal yang wajib dilakukan agar Kamu dapat mengurangi LDL Kamu dan meningkatkan HDL. Aktif bergerak juga dapat menurunkan trigliserida. Berolahraga tidak harus berat atau banjir keringat. Lakukan saja secara bertahap dimulai dari yang paling ringan dan mungkin Kamu lakukan, misalnya berjalan kaki. Kunci terpenting adalah konsisten berolahraga.

 

4. Gaya hidup tidak sehat 

Rokok dan alkohol memang sudah jelas dapat menyebabkan dampak buruk untuk tubuh, seperti tekanan darah tinggi dan peningkatan tingkat kolesterol dalam tubuh. Belum lagi saat merokok, racun dalam asap rorkok sangat tinggi dan dapat merusak  lapisan dalam pembuluh darah, serta  meningkatkan risiko terjadinya risiko penyempitan pembuluh darah dan pembekuan darah. Namun bagi sebagian orang, menghentikan kebiasaan yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup ini memang berat. Meskipun sulit, kamu harus membulatkan tekad untuk menghentikan kebiasaan ini jika ingin hidup sehat lebih lama.

Baca Juga: Penyebab Kolesterol Susah Turun

 

5. Stres

Saat Kamu stres terjadilah pelepasan dua hormon, adrenalin dan kortisol. Hormon-hormon ini merangsang hati untuk memproduksi dan melepaskan lebih banyak kolesterol. Jika Kamu mengalami stres, segera cari jalan keluar terbaik yang mungkin dilakukan. Bercerita pada orang terdekat, rekreasi, mendekatkan diri pada Tuhan, atau meminta bantuan profesional. Apapun caranya, kamu tidak boileh mengabaikan stres karena dampaknya sangat buruk bagi kesehatan mental maupun fisik.

Selain memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat, berkonsultasi secara rutin ke dokter juga perlu dilakukan, agar Kamu bisa memantau dan mencari jalan keluar untuk mengatasi kolesterol tinggi yang kamu alami. Jika perlu minumlah suplemen tambahan seperti hemaviton Cardio saat makan, dengan kandungan bahan alami Phytosterol 500mg yang mampu memblok kolesterol pada makanan sebelum masuk ke dalam darah sehingga menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap di batas normal. Serta mengandung multivitamin untuk bantu jaga kesegaran tubuh. Yuk, mulai hidup sehat dan bebas kolesterol mulai dari sekarang!

Related Article

BEAUTY

hemaviton C1000 Total Care, Rahasia Daya Tahan Tubuh Wanita Muda yang Sehat

Banyaknya pekerjaan dan aktivitas yang padat setiap harinya tentu menuntut kita untuk dapat menjaga daya...

SELENGKAPNYA