4 Hal yang Bikin Kolesterol Susah Turun

Monday, 11 January 2021

Menjaga kadar kolesterol tetap di batas aman adalah hal yang perlu kamu perhatikan. Sebab, kolesterol tinggi seringkali menjadi awal dari berbagai penyakit lain atau malah memperburuk kondisi kesehatan yang sudah dimiliki sebelumnya. Jika sebelumnya kamu sudah memiliki kadar kolesterol yang tinggi, tentu saja perlu dilakukan usaha lebih untuk menurunkannya hingga kembali normal. Hal ini memang tidak mudah, terutama jika kamu masih tetap melakukan 4 hal penyebab kolesterol susah turun berikut ini.

Penyebab Kolesterol Susah Turun

 

1. Mengolah makanan dengan digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng memang lezat, tetapi ini adalah salah satu jenis Makanan Penyebab Kolesterol  dan jika terlalu sering dikonsumsi dapat membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat akibat minyak yang digunakan. Jadi meskipun kamu sudah memilih bahan makanan yang sehat, namun bahan makanan tersebut diolah dengan cara digoreng maka jangan heran jika kadar kolesterol tetap susah turun. Ada baiknya mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, atau panggang. Namun apabila tetap ingin menggoreng makanan, hindari menggoreng secara deep fry (ditumis lebih baik) dan menggunakan minyak goreng bekas berulang kali.

2. Berat badan berlebih

Orang dengan berat badan berlebih biasanya rentan memiliki kolesterol tinggi karena tubuhnya lebih berisiko mengalami resistensi insulin. Dilansir dari Detik Health, resistensi insulin adalah suatu kondisi di mana sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap efek penurunan glukosa pada hormon insulin. Nah, resistensi insulin merupakan salah satu pemicu gangguan metabolisme kolesterol, yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Obesitas adalah salah satu penyebab resistensi insulin. Nah, Jika berat badanmu suka melebihi batas apalagi sudah masuk dalam kategori obesitas, maka jangan ragu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar dapat menurunkan berat badan dengan  pola diet yang tepat. Selain diet, olahraga teratur juga sangat penting untuk menurunkan ataupun menjaga berat badan.

Baca Juga: 5 Camilan Ini Bikin Berat Badanmu Cepat Naik

3. Punya kebiasaan merokok

Dilansir dari alodokter, merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah, selain juga merusak dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok untuk mendukung upaya kamu menurunkan kolesterol serta menghindari dampak buruk kolesterol tinggi.

4. Kurang makan sayur dan buah-buahan

Dalam buah dan sayuran, terkandung berbagai zat penting yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Misalnya polifenol yang terkandung dalam stroberi dapat membantu mengatur sistem pembuluh darah secara alami. Tomat mengandung antioksidan likopen yang terbukti dapat signifikan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Alpukat kaya akan serat dan lemak tak jenuh juga dapat menurunkan LDL dalam darah dan menyehatkan jantung, dan masih banyak lagi. Kurangnya konsumsi buah dan sayur akan mempersulit turunnya kadar kolesterol.

Baca Juga: Cara Mengecek Kolesterol di Rumah

Untuk menurunkan kadar kolesterol secara efektif, memang diperlukan perubahan pola hidup sehat secara berkesinambungan. Olahraga saja atau makan sehat saja, terkadang masih belum cukup jika kamu masih melakukan berbagai hal yang membikin kadar kolesterol susah turun. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Cardio saat makan, dengan kandungan bahan alami Phytosterol 500mg yang mampu memblok kolesterol pada makanan sebelum masuk ke dalam darah sehingga menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap di batas normal. Serta mengandung multivitamin untuk bantu jaga kesegaran tubuh. Yuk, mulai hidup sehat dan bebas kolesterol mulai dari sekarang!