Sulit Berhenti Merokok? Coba Lakukan Ini!

Friday, 07 August 2015

Kalau sudah menjadi kebiasaan, berhenti merokok bisa menjadi hal yang sulit dilakukan. Mulut terasa asam jika tidak ada yang dihisap. Bahkan untuk sebagian orang bisa sampai mengalami kesulitan bekerja atau berpikir jika belum merokok. Padahal tahu sendiri bahayanya rokok. Bisa menyebabkan kanker, jantung, dan risiko kematian tinggi. Jika selama ini kamu kesulitan untuk dapat lepas dari kebiasaaan merokok. Coba praktikkan cara berikut.

1. Pengalih perhatian

Setiap kali rasa ingin merokok datang, cobalah alihkan perhatian dengan melakukan hal-hal seperti minum segelas air, menyikat gigi, atau menelepon pasangan. Kalau biasanya kamu mengambil waktu rehat sejenak di kantor dengan merokok, gantikan dengan bermain game di komputer kamu.

2. Tunda

Kalau sudah niat berhenti, godaan juga biasanya kencang datangnya. Setiap kali ingin merokok tundalah selama 15 menit dan lakukan hal lain yang bisa mendistraksi kamu. Ulangi lagi saat godaan itu datang kembali.

3. Insentif

Cara ini cenderung efektif. Coba hitung pengeluaranmu untuk merokok selama sebulan. Rencanakan untuk membeli barang idaman dengan uang tersebut jika kamu berhasil berhenti merokok. Tidak sedikit lho orang yang sebenarnya dapat memiliki gadget terkini hingga membiayai liburan hanya dengan menggunakan uang yang selama ini dihabiskan untuk merokok. Menurut studi yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine, cara paling tua dan ampuh untuk memotivasi orang memang dengan uang termasuk dalam usaha berhenti merokok.

4. Makan kacang

Gantikan kebiasaan merokokmu dengan mengonsumsi kacang. Setiap ingin merokok cobalah memakan empat kacang dari kulitnya. Cara menggunakan tangan dan mulut yang mirip dengan merokok akan memberimu sensasi yang kurang lebih sama seperti merokok.

5. Mood baik

Baru mendapat promosi, diterima di perusahaan idaman, atau baru saja membeli tas baru? Kapanpun mood baik yang kamu rasakan, itulah saat yang tepat untuk menghentikan kebiasaan buruk termasuk merokok. Mereka yang depresi atau stres cenderung lebih sulit berhenti merokok, demikian menurut sebuah studi.

Jangan lupa, untuk membantumu menghentikan kebiasaan merokok, kenali dan hindari hal-hal yang biasanya memancing kamu untuk merokok seperti kebiasaan hang out di club atau bar. Jauhkan juga dari pandangan benda-benda seperti korek api, lighter, asbak, dan benda lainnya yang mengingatkanmu pada rokok. Selamat mencoba! Semoga berhasil!