Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Nyeri Sendi Lutut

Monday, 29 November 2021

Sendi di bagian lutut termasuk bagian yang sering mengalami nyeri. Apalagi jika Kamu tergolong orang yang aktif berolahraga, sering membawa barang-barang berat, punya berat badan di atas normal, itu hanya Sebagian kecil contoh penyebabnya. Namun yang lebih penting lagi, bagaimana agar nyeri sendi lutut tidak sampai mempengaruhi aktivitasmu? Yuk cek dulu cara mencegah nyeri sendi lutut begrikut ini!

Latihan ringan

Latihan kardio ternyata bisa memperkuat otot yang menopang lutut dan meningkatkan kelenturan. Latihan beban dan peregangan juga dilakukan asalkan dalam kapasitas yang ringan dan tidak berlebihan. Untuk cardio, berjalan kaki, berenang, aerobik air, bersepeda statis bisa jadi pilihan yang cocok. Tai chi juga bisa membantu mengurangi kekakuan dan meningkatkan keseimbangan.

Jangan malas bergerak

Tidak bergerak dalam waktu yang lama justru bisa melemahkan otot Kamu dan akhirnya memperburuk nyeri sendi. Temukan program latihan yang aman untuk lutut Kamu dan lakukan secara rutin sebagai bentuk terapi untuk sendi Kamu. Jika tidak yakin gerakan apa yang boleh dilakukan, konsultasikan dulu dengan dokter atau terapis fisik Kamu.

Baca Juga: 6 Gejala Radang Sendi Lutut dan Cara Mencegahnya

Hindari gerakan ekstrim

Minimalisir gerakan-gerakan ekstrim yang mungkin bisa memperparah rasa nyeri di lutut. Misalnya terlalu sering naik-turun tangga, mengangkat galon air minum, atau olahraga yang menuntut banyak gerakan lompatan. Intinya, jangan bebani sendi lutut Kamu terlalu berat.

Menjaga berat badan ideal

Jika Kamu kelebihan berat badan, maka menurunkan berat badan akan mengurangi tekanan pada lutut Kamu. Kamu bahkan tidak perlu mencapai berat badan "ideal" Kamu. Perubahan berat badan, walaupun kecil, akan menciptakan perbedaan.

Menggunakan sepatu yang tidak nyaman

Sol sepatu yang empuk dapat mengurangi tekanan pada lutut Kamu. Untuk osteoarthritis lutut, dokter sering merekomendasikan sol khusus yang bisa dimasukkan ke dalam sepatumu. Gunakan sol tersebut agar kondisi lutut tidak semakin parah.

Baca Juga:Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Baik

Mengonsumsi suplemen untuk kesehatan sendi

Rutinlah mengonsumsi asupan untuk tulang dan sendi sedini mungkin, misalnya hemaviton jointCare MAX. Suplemen ini sangat baik dan praktis untuk menjaga kesehatan sendi. Di dalamnya terandung Joint Support Formula terdiri dari Glucosamine, Chondroitin, MSM dan Omega 3 yang  dapat menjaga kesehatan sendi dan tulang rawan agar terbebas dari nyeri sendi. hemaviton JointCare MAX, Sendi Sehat Aktif Bergerak!