Tips Hindari Kebas dan Kesemutan Saat Bersepeda

Monday, 31 May 2021

Saat ini, banyak orang memilih olahraga bersepeda sebagai kegiatan yang wajib mereka lakukan saat memiliki waktu luang. Pasalnya, tak hanya sedang menjadi tren yang menarik untuk diikuti, bersepeda juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Nah, agar Kamu tetap bisa mengikuti tren olahraga sepeda dengan aman dan nyaman, ikuti tips hindari kebas dan kesemutan saat bersepeda berikut ini!

Pastikan Sepeda dalam Kondisi Baik

Hal pertama yang bisa Kamu lakukan agar dapat bersepeda tanpa nyeri otot tentunya adalah dengan memastikan sepedamu dalam kondisi baik. Caranya adalah dengan melakukan perawatan rutin, terutama sebelum gowes dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang bisa Kamu lakukan pada sepeda agar tetap optimal saat digunakan. Pemberian pelumas secara berkala di beberapa bagian agar sepeda bisa lebih awet, nyaman, dan aman, misalnya pada bagian gear, rantai, bearing roda, axle pedal, dan axle fork.

Menjaga tekanan udara pada ban sepeda agar tetap seimbang. Jika tekanan dibiarkan terlalu rendah, maka bisa membuat laju sepeda semakin berat dan meningkatkan risiko kebocoran udara dari dalam ban. Sebaliknya, jika tekanan udaranya terlalu tinggi juga bisa membuat sepeda kurang nyaman untuk dikendarai, terutama di jalanan yang kurang rata atau bergelombang.

Baca Juga: Tips Memilih Sepeda untuk Olahraga

Memeriksa kabel rem, shifter, cakram, dan membersihkan caliper, terutama bagi Kamu yang gemar bersepeda jarak jauh. Jangan lupa juga untuk mencuci sepeda secara rutin agar kamu lebih nyaman dan percaya diri saat bersepeda. Jika sepeda sudah dipersiapkan dengan baik, maka kebas dan kesemutan juga dapat dihindari.

Gunakan Perlengkapan yang Aman dan Nyaman

Langkah selanjutnya adalah bersepeda menggunakan pakaian yang nyaman, mudah menyerap keringat, dan tidak membatasi pergerakan selama mengayuh sepeda. Lengkapi juga dengan perlengkapan lain seperti helm, pelindung lutut, sepatu, dan kacamata untuk mengurangi risiko di jalanan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Sebelum gowes, pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup melalui makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan gerakan pemanasan yang bertujuan untuk melatih kekuatan otot tubuh, terutama bagian kaki, tangan, lengan, dan punggung agar tidak terjadi cidera di jalan.

Baca Juga: Aktivitas yang Seringkali Memicu Munculnya Gejala Gangguan Saraf Neurotropik

Memenuhi Kebutuhan Air Minum dan Istirahat

Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan air minum yang cukup saat perjalanan bersepeda dengan cara menyimpannya di dalam botol khusus yang bisa dipasangkan di rangka sepeda. Pasalnya, kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi bisa menyebabkan nyeri otot. Usahakan untuk menghindari kebiasaan begadang jika Kamu berencana untuk bersepeda jarak jauh bersama teman. Ingat ya, jangan bersepeda dalam kondisi terlalu lelah dan kurang tidur juga akan membuatmu kebas dan kesemutan.

Tahukah kamu kalau kebas dan kesemutan bisa jadi pertanda kamu kekurangan vitamin neurotropik? Yuk hindari kebas dan kesemutan dengan mengonsumsi vitamin neurotopik (Vitamin B1, B6, dan B12) sejak dini. Konsumsi hemaviton Neuro Forte, yang terdiri dari kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg untuk atasi kebas dan kesemutan, serta mencukup kebutuhan vitamin neurotropik.

Related Article