Tips Memilih Sepeda untuk Olahraga

Tuesday, 18 August 2015

Hobi bersepeda? Mengayuh sepeda termasuk olahraga yang mudah dan menyenangkan. Manfaatnya pun banyak selain untuk kesehatan jantung, otot, juga bisa menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Namun memilih sepeda juga ada triknya agar nyaman digunakan dan manfaat yang didapat lebih maksimal. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah memilih sepeda sesuai dengan medan yang dilalui. Berikut tips-nya.

1. Kalau jalanan yang kamu lalui berupa tanah dan memiliki kontur naik-turun yang cukup banyak, pilihlah sepeda jenis mountain bike. Bannya yang lebih kecil dan cenderung lebih tebal serta gigi yang lebih rendah membantu mengatasi turunan curam. Sepeda ini cocok untuk kamu pencinta alam yang gemar menjelajah alam liar.

2. Kalau kamu suka bersepeda di jalanan beraspal atau lantai batu, jenis road bike cocok untukmu. Ban yang lebih tipis dari mountain bike, membuatnya lebih ringan dikayuh di jalanan. Cocok untuk sepeda jarak jauh. Untuk bike to work juga bisa saja.

3. Suka bersepeda saat car free day, tapi suka juga menjelajah alam liar? Hybrid bike adalah pilihan tepat. Bannya lebih tipis dari mountain bike tetapi lebih tebal dari road bike. Sehingga cocok di jalan beraspal tetapi masih sanggup juga menangani medan yang liar. Kalau kamu baru tertarik bersepeda, jenis ini juga pas untuk pemula.

4. Senang dengan kecepatan dan kompetisi? Pilih sepeda balap. Sepeda yang dirancang khusus untuk kecepatan. Biasanya sangat ringan dikayuh. Tapi karena dibuat dari material yang tinggi teknologi harganya bisa sangat mahal.

Sebelum membeli, jangan ragu minta test drive dulu selama 20-40 menit untuk mengetahui senyaman apa sepedamu. Jangan lupa agar sepedamu awet lakukan perawatan rutin, seperti memberi minyak pada rantai setiap 100 mil (160,9 km) dan membawanya ke bengkel sepeda untuk perawatan atau penggantian fitur sesuai kebutuhan. 

Foto: Shutterstock