Cara Menjaga Kesehatan yang Masih Sering Keliru Dilakukan. Kamu Pernah Mengalaminya?

Tuesday, 28 June 2022

Memiliki tubuh yang sehat dan kuat tentu menjadi impian setiap orang, salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk mewujudkannya, begitu banyak cara menjaga kesehatan yang bisa dilakukan, mulai dari menjaga asupan makanan, olahraga rutin, dan kebiasaan lainnya. Namun sayang, meski beberapa cara tadi bisa mendatangkan manfaat baik bagi tubuh, tak jarang juga yang justru menerapkan gaya hidup sehatnya terlalu berlebihan. Alih-alih berusaha untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, yang ada justru tubuhnya sendiri yang menjadi korban.

Cara Menjaga Kesehatan yang Keliru Dilakukan

Untuk mencegah hal ini terjadi pada kamu, hindari beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang masih sering keliru dilakukan berikut ini.

1. Over workout atau olahraga berlebihan

Olahraga memang bisa menjadi cara yang paling mudah dan efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga badan tetap sehat, namun tentunya harus dilakukan dengan bijak. Lama waktu yang direkomendasikan untuk berolahraga adalah selama 30 menit sebanyak lima kali dalam satu minggu.

Sebaliknya, jika olahraga dilakukan secara berlebihan maka bisa menimbulkan keluhan seperti kelelahan, nyeri otot, sakit punggung, bahkan keluhan lainnya yang lebih parah. Dilansir dari Hellosehat.com, over workout atau olahraga berlebihan bisa memberikan dampak negatif yang berakibat fatal dan mengancam nyawa, seperti kerusakan jantung, penyakit ginjal, dan kecanduan olahraga.

Baca Juga: Seberapa Sering Seharusnya Kita Berolahraga untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh?

2. Memanggang makanan dalam suhu yang terlalu panas dan lama

Untuk mengurangi konsumsi minyak goreng sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh, banyak orang akhirnya memilih untuk merebus atau memanggang makanan yang mereka konsumsi setiap harinya. Jika Anda tertarik untuk mencobanya juga di rumah, pastikan untuk mencari informasinya dengan baik, ya. Pasalnya, penggunaan suhu yang cukup tinggi untuk memanggang ternyata juga menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh. Dilansir dari laman online SehatQ.com, memanggang makanan dalam suhu yang terlalu tinggi dan waktu yang cukup lama bisa memicu beberapa risiko kesehatan seperti berikut ini.

  • Risiko peradangan, karena bahan makanan yang dipanggang akan menghasilkan advanced glycation end products (AGEs). Kondisi ini merupakan reaksi spontan antara gula dan protein akibat panas saat makanan dipanggang yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan peradangan, bahkan memperburuk penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung yang dimiliki oleh seseorang.
  • Bersifat karsinogenik, karena saat bahan makanan dipanggang dalam suhu yang tinggi juga membentuk senyawa heterocyclic amines (HCAs) dan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs). PAHs sendiri terbentuk ketika lemak dari daging menetes ke arang atau elemen memanggang yang menyebabkan adanya penumpukan lemak dan berdampak pada api dan juga asapnya. Sementara HCAs akan muncul ketika daging merah, daging unggas, dan juga ikan diproses lewat metode memasak suhu tinggi.  Kedua senyawa ini juga bisa membuat protein hewani bersifat karsinogenik.
  • Bahaya menghirup asap, Meski asap BBQ memiliki aroma yang menggoda, namun ternyata ada senyawa. polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) di dalamnya yang menyebabkan terjadinya mutasi DNA, penyakit pernapasan, bahkan kanker paru-paru.

Baca Juga: Menjaga Stamina dengan Mengubah Pola Makan, Bagaimana Caranya?

3. Berjemur di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama

Untuk mendapatkan tulang yang kuat, kulit tubuh yang sehat, dan imun tubuh tetap terjaga, seseorang membutuhkan asupan vitamin D yang cukup di dalam tubuh. Selain melalui asupan makanan bergizi, kita juga membutuhkan paparan sinar matahari pagi untuk merangsang produksi vitamin D yang optimal yang bisa kita peroleh dengan cara berjemur setiap paginya. Namun, bukan berarti kita harus melakukannya dalam waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya.

Berjemur di bawah sinar matahari sebaiknya dilakukan selama 15 menit saja setiap pagi, tentunya dengan tetap mengoleskan tabir surya di bagian muka dan anggota badan. Jika dilakukan terlalu lama, maka bisa menyebabkan risiko kesehatan sebagai berikut:

  • Kulit terbakar atau sunburn yang menyebabkan kulit mengelupas dan disertai rasa perih.
  • Penuaan dini pada kulit yang bisa ditunjukkan dengan beberapa tanda seperti kulit kering, kusam, keriput, dan juga timbul bercak hitam yang cukup banyak.
  • Bisa menyebabkan cedera mata, karena sinar UV bisa merusak kornea mata yang menyebabkan penglihatan menjadi buram, serta memicu gangguan pada mata seperti katarak, degenerasi macula, dan kanker mata melanoma.

Nah, dari kedua kebiasaan di atas mana yang tanpa sadar sering kamu lakukan hingga saat ini? Yuk, segera ubah pola hidup sehat kamu dengan mempraktikkan cara menjaga kesehatan yang baik dengan cara berikut ini:

  • Olahraga rutin selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu
  • Memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik
  • Memanfaatkan rest day dengan melakukan berbagai hal menyenangkan namun tetap menyehatkan, misalnya dengan membuat menu sehat di rumah
  • Tidak memanggang bahan makanan di suhu tinggi dalam waktu yang lama
  • Mengurangi konsumsi minyak goreng
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi, terutama yang mengandung vitamin C dan D yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit setiap pagi

Selain beberapa cara di atas, perbaiki juga pola hidup sehat kamu dengan minum suplemen tambahan seperti hemaviton Action TOTAL CARE ImunUP dengan kandungan Formula TOTAL CARE ImunUP yang dapat memberikan  3 Action Benefit untuk bantu jaga daya tahan tubuh, stamina dan kesegaran

  • Buffered Vitamin C 500 mg yang nyaman di lambung, Vitamin D3 dan Zinc yang ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Ginseng Extract, Vitamin B Complex, dan Guaranine untuk menjaga stamina dan kesegaran.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum hemaviton Action TOTAL CARE ImunUP sebanyak 1x sehari dan diimbangi dengan olahraga yang rutin, ya!

Artikel Lainnya: Fungsi Vitamin D yang Paling Terasa Bagi Tubuh dan Pengaruhnya Terhadap Rutinitas Harian