Seberapa Sering Seharusnya Kita Berolahraga untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh?

Monday, 02 May 2022

Selain memerhatikan asupan makanan dengan baik, olahraga juga menjadi cara menjaga daya tahan tubuh yang paling tepat dan mudah untuk dilakukan. Lantas, seberapa sering seharusnya kita berolahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya?

                               

Olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh

Tak hanya berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, saat ini kegiatan berolahraga seakan sudah menjadi sebuah tren di kalangan masyarakat. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya peminat berbagai jenis olahraga, mulai dari golf, sepeda, tenis, jogging, weight lifting, dan masih banyak lagi jenisnya. Memang benar bahwa begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan berolahraga, namun sayangnya hingga saat ini juga tak sedikit orang yang masih belum tahu mengenai berapa kali sebaiknya berolahraga dalam satu minggu.

Dilansir dari laman online Klikdokter.com, olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat baik untuk dilakukan, namun tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh masing-masing. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga sebaiknya dilakukan setidaknya selama 150 menit dalam seminggu, atau cukup 30 menit selama lima kali setiap minggunya, sisanya bisa kamu manfaatkan sebagai rest day atau kesempatan untuk bersantai di rumah bersama keluarga.

Tak hanya soal frekuensinya saja, perhatikan juga intensitas olahraga yang dipilih, mulai dari intensitas sedang, tinggi, atau kombinasi dari keduanya. Kira-kira apa saja contohnya, ya?

  • Olahraga intensitas sedang: berjalan cepat 30 menit dalam sehari dan dilakukan selama lima kali dalam seminggu. Kamu juga bisa menambahkan olahraga penguatan otot sebanyak dua kali dalam seminggu agar tubuh rileks dan mencegah terjadinya nyeri otot.
  • Olahraga intensitas tinggi: jogging atau berlari selama 75 menit sebanyak satu kali dalam seminggu dan disertai dengan latihan otot dua kali dalam seminggu.
  • Kombinasi keduanya bisa dilakukan selama dua kali seminggu dan disertai dua kali latihan otot.

Baca Juga: 5 Contoh Olahraga LIIT, Pas Banget untuk Pemula!

Akibat jika berolahraga secara berlebihan

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan memberikan hasil yang tidak baik, termasuk di dalamnya adalah berolahraga. Alih-alih menjaga daya tahan tubuh, berikut ini dampak yang bisa dirasakan akibat berolahraga secara berlebihan.

  • Kualitas olahraga menurun
  • Peningkatan detak jantung yang tidak normal selama berolahraga
  • Selalu merasa kelelahan atau kelelahan yang berlebihan meskipun setelah lama tidak berolahraga
  • Nyeri otot dan persendian dalam waktu yang lama
  • Ketidakseimbangan metabolisme tubuh
  • Membuat hormon tidak seimbang, sehingga mudah marah, sulit fokus, dan stress
  • Mengalami gangguan tidur dan menurunnya nafsu makan

Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikan jenis olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh Anda, ya. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga untuk mencegah terjadinya cidera. Nah, selain berolahraga sesuai porsinya, jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton C1000 TOTAL CARE setelah berolahraga.

Kandungan Formula TOTAL CARE dari Buffered Vitamin C 1000 mg, D3 dan Zinc di dalam hemaviton C1000 TOTAL CARE bekerja secara sinergis meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (pertahanan lapis pertama), hingga ke tingkat seluler (pertahanan lapis ke-3). Kandungan Buffered Vitamin C, lebih tidak asam sehingga nyaman di lambung dan bisa dikonsumsi setiap hari. Jika kamu sedang berusaha mengurangi konsumsi gula, saat ini juga tersedia hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar yang mengandung pemanis Stevia yang lebih rendah gula dan kalori, loh.

Menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga jadi lebih menyenangkan berkat hemaviton C1000 TOTAL CARE yang bisa kamu beli di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayangan sekarang juga!

Artikel Lainnya: