Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa, Perlukah Olahraga?

Friday, 29 April 2022

Meski berpuasa, menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga tentu perlu untuk dilakukan. Olahraga diperlukan agar stamina dan metabolisme tubuh tetap terjaga, sehingga tetap dapat beribadah sekaligus melakukan aktivitas harian dengan lancar. Tak perlu takut kelelahan, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar olahraga yang dilakukan tak mengganggu puasa kamu.

1. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh

Olahraga memang menjadi solusi paling ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh, namun tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan fisik selama berpuasa, ya. Tak perlu olahraga yang terlalu berat, berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa:

  • Berjalan santai di sekitar komplek rumah atau treadmill dengan kecepatan rendah.
  • Bersepeda santai
  • Jogging
  • Melakukan gerakan peregangan untuk melatih kekuatan otot tubuh, seperti plank, push up, sit up, dan gerakan lainnya.

2. Olahraga menjelang berbuka puasa

Sebenarnya tidak ada larangan melakukan olahraga saat puasa. Anda tetap dapat berolahraga baik di pagi hari setelah subuh, menjelang berbuka, atau di tengah hari sekalipun. Namun, berolahraga mendekati waktu berpuasa sangatlah dianjurkan. Selain bisa dijadikan solusi ngabuburit, Anda juga tidak perlu menunggu lama hingga saatnya berbuka nanti. Tetapi jika ingin berolahraga di waktu yang lain pun tidak masalah, usahakan untuk berolahraga di tempat yang sejuk atau tidak terpapar langsung dengan sinar matahari karena dapat membuat Anda dehidrasi.

3. Lakukan selama 30 menit

Mengingat bahwa Anda sedang berpuasa, maka tak perlu waktu yang lama untuk berolahraga. Cukup setengah dari lama waktu olahraga biasanya, maksimal 30 menit dan lakukan dua hingga tiga kali seminggu agar tidak merasa kelelahan. Ingatlah bahwa olahraga yang Anda lakukan saat puasa merupakan cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar, bukan untuk membentuk tubuh apalagi menurunkan berat badan.

Tak cukup hanya dengan berolahraga, dukung juga gaya hidup sehat Anda selama berpuasa dengan minum hemaviton C1000 TOTAL CARE saat berbuka atau setelah sahur. Kandungan Formula TOTAL CARE dari Buffered Vitamin C 1000 mg, D3 dan Zinc di dalamnya bekerja secara sinergis meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (pertahanan lapis pertama), hingga ke tingkat seluler (pertahanan lapis ke-3). Kandungan Buffered Vitamin C, lebih tidak asam sehingga nyaman di lambung dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Tersedia juga hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar yang mengandung pemanis Stevia yang lebih rendah gula dan kalori, sehingga bisa menjadi pilihan yang cocokuntuk kamu yang concern terhadap sugar intake dalam tubuh. Yuk, tetap penuhi kebutuhan vitamin C selama puasa bersama hemaviton C1000 TOTAL CARE dan lengkapi persediaannya di rumah dengan cara membelinya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayanganmu. Puasa lancar, badan tetap bugar!