5 Contoh Olahraga LIIT, Pas Banget untuk Pemula!

Wednesday, 10 November 2021

Apakah istilah HIIT dan LIIT sudah familiar di telinga kalian? Keduanya adalah Latihan interval yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Meski demikian keduanya memiliki berbagai perbedaan. LIIT adalah olahraga yang tepat untuk kamu yang kurang menyukai sesi latihan yang sangat intens dan berkeringat. Hal ini dikarena intensitas LIIT lebih rendah dari HIIT. Walau demikian bukan berarti tidak efektif dan tidak menunjukkan hasil apapun, justru LIIT sangat cocok untuk kamu yang baru ingin memulai olahraga, orang dengan berat badan berlebih, orang dengan masalah persendian, maupun orang dengan kondisi medis lain yang tidak memungkinkan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Bentuk aktivitas fisik ini membantu meningkatkan mobilitas, meningkatkan kekuatan dan daya tahan kardiovaskular.

Berita baiknya, walau tidak dilakukan sekeras HIIT, nyatanya LIIT bisa memberikan manfaat yang sama besarnya dalm hal jumlah kalori yang dibakar. Perbedaannya hanya soal waktu. 

Baca Juga: 5 Tren Olahraga Sebagai Cara Menjaga Stamina Tubuh yang Seru dan Kekinian

Jika Kamu melakukan HIIT selama 30 menit maka untuk mendapatkan hasil yang sama, lakukalah LIIT selama satu jam. Nah, buat yang ingin segera mencoba, ini 5 contoh olahraga LIIT, pas banget untuk pemula! Apa saja ya?

 

  • Jogging

Lakukan jogging dengan kecepatan sedang selama dua hingga tiga menit diikuti dengan jalan cepat selama lima menit. Lakukan selama 60 menit.

 

  • Strength training

Lakukan tiga - empat putaran strength training dengan komposisi 10 squat, 10 push-up, dan plank 30 detik dengan istirahat 90 detik di antara set. 

 

  • Latihan beban 

Lakukan tiga hingga empat set 10 ayunan kettlebell, 10 baris dumbbell lengan tunggal per sisi, dan memegang papan samping selama 20 detik di setiap sisi dengan 90- istirahat kedua antar set. 

 

  • Bersepeda

Bersepeda santai di lingkungan rumah atau rute road bike lainnya adalah bentuk LIIT yang menyenangkan dan dapat dilakukan bersama komunitas.

Baca Juga: Mengenal Extreme Bike Sport

 

  • Gym rumahan

Manfaatkan alat-alat gym yang tersedia di rumah seperti speda statis atau treadmill dengan kecepatan sedang juga bisa menjadi alternatif olahraga LIIT.

 

Nah, nggak sulit kan melakukan Latihan LIIT? Bahkan kamu bisa melakukannya walau tanpa alat. Buat kamu yang tertarik mencobanya, kenapa ngga sekalian ikutan  #STAYFITCHALLENGE bareng @hemavitonC10000 dan @pevpearce di Instagram yang berhadiah total jutaan rupiah! Caranya gampang:

  • Follow akun @hemavitonC1000
  • Tonton video Gerakan Pevita Pearce yang sedang melakukan LIIT di Instagram hemaviton C1000, tirukan  semirip mungkin dan upload video/reels kamu di Instagram pribadimu
  • Beri caption cara kamu tetap #StayFit dan gunakan hashtag #StayFitChallenge
  • Jangan lupa tag @hemavitonC1000 di video dan caption.
  • Dapatkan kesempatan memenangkan hadiah keren senilai jutaan rupiah!

 

Yuk submit video versi kamu segera karena masih ada waktu sampai 15 Desember 2021 nanti! Baca keterangan lengkapnya di www.hemaviton.com/stayfitchallenge .

 

Sumber: Times of India, Muscle & Fitness