5 Tren Olahraga Sebagai Cara Menjaga Stamina Tubuh yang Seru dan Kekinian

Thursday, 25 July 2019

Tak hanya menjadi salah satu cara menjaga stamina tubuh dan membantu mencegah penuaan dini, saat ini olahraga sudah berkembang menjadi sebuah tren, bahkan kebutuhan masyarakat. Maka tak heran juga kalau pada akhirnya bermunculan ragam olahraga kekinian yang banyak diminati oleh orang. Selain memiliki gerakan yang unik, beberapa tren olahraga berikut ini juga mampu membantu membakar kalori dalam jumlah yang besar. Penasaran?

Bersepeda

Kalau kamu perhatikan dengan seksama, terutama di media sosial, olahraga bersepeda menjadi salah satu aktivitas fisik sedang happening di kalangan masyarakat.  Jenisnya pun beragam, mulai dari cross country atau sepeda lintas alam, downhill atau sepeda gunung menuruni bukit yang terjal dan curam, BMX untuk kalangan anak muda, hingga city cycling yang seringkali kamu jumpai setiap akhir pekan atau waktu tertentu.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga ini adalah membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot tubuh, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, meredam stress, menyehatkan tulang dan persendian, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kekuatan otot jantung, hingga meningkatkan kemampuan seksual. Tak hanya itu saja, dengan bersepeda juga bisa menambah jaringan pertemanan yang terjalin melalui komunitas sepeda yang bisa kamu ikuti. Menyenangkan, bukan?

Pound Fit

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui olahraga yang satu ini. Dinamakan Pound Fit karena olahraga ini menggunakan alat berupa stik drum dan musik yang upbeat. Konsepnya juga menyerupai orang yang sedang memukul drum, namun dengan variasi beberapa gerakan seperti yoga, pilates, dan kardio yang memiliki manfaat luar biasa, terutama dalam membakar kalori tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah meningkatkan fokus, mengurangi stress, menguatkan otot tubuh secara keseluruhan, meningkatkan koordinasi dan kecepatan tubuh, dan membantu menurunkan berat badan. Cara menjaga stamina yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaat bagi tubuh secara keseluruhan hanya dengan satu jenis olahraga saja. Tertarik untuk mencoba?

Freeletics

Tren olahraga kekinian selanjutnya adalah freeletics, yaitu aktivitas fisik yang dilakukan di luar ruangan dan biasanya terdiri dari gerakan lari, push up, squat, burpees, hingga memanfaatkan fasilitas olahraga di taman umum atau tempat terbuka lainnya yang dilakukan selama 15 hingga 60 menit. Sama seperti latihan kardio pada umumnya, freeletics juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya adalah untuk meningkatkan kekuatan otot, kebugaran, ketahanan jantung dan paru-paru, dan tentunya membakar kalori berlebih dalam tubuh.

Underwater Hockey

Kamu suka berenang? Jika iya, mungkin inilah saat yang tepat bagi kamu untuk mencoba olahraga renang yang tidak biasa melalui underwater hockey. Sesuai dengan namanya, olahraga yang satu ini dilakukan di bawah air, namun konsepnya sama dengan permainan hoki yang dilakukan di atas lantai atau es. Tak hanya melatih pernapasan dan kekuatan jantung serta paru, underwater hockey juga membantu melatih koordinasi tubuh secara keseluruhan. Terdengar berat, namun akan sangat menyenangkan untuk kamu coba.

High Intensity Interval Training (HIIT)

Hampir sama dengan freeletics, High Intensity Interval Training (HIIT) juga merupakan serangkaian gerakan yang bertujuan untuk melatih kekuatan kardiovaskular melalui variasi gerakan mulai dari yang paling lambat hingga intensitas tinggi dan diselingi dengan jogging. Tak membutuhkan waktu lama, olahraga yang satu ini hanya berlangsung selama 15-20 menit saja. Meski terbilang sebentar, namun jangan salah karena kamu akan cukup merasa lelah dengan gerakan yang dilakukan secara berulang (repetisi). Olahraga HIIT juga termasuk mudah, karena kamu bisa melakukannya sendiri di manapun dan kapan pun, baik di dalam maupun luar ruangan. Untuk pemula, kamu bisa mengikuti gerakan HIIT yang bisa diakses di internet.

Nah, itu dia beberapa cara menjaga stamina dan kesegaran melalui tren olahraga kekinian yang bisa kamu lakukan mulai sekarang. Namun, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga agar terhindar dari cidera atau salah otot, ya. Dukung juga aktivitas fisik kamu dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan seperti hemaviton Action untuk menambah stamina berkat kandungan Ginseng Extract, Creatine, Multivitamin dan Mineral penting di dalamnya. 

Hadir dalam kemasan kapsul, hemaviton Action merupakan pilihan praktis dan efektif untuk menemanimu beraktivitas sepanjang hari.