Menjaga Stamina dengan Mengubah Pola Makan, Bagaimana Caranya?

Monday, 23 November 2020

Usia yang semakin bertambah mengharuskan kamu untuk lebih memperhatikan asupan makanan. Mengapa? Selain untuk kesehatan secara umum, asupan makanan yang baik juga bisa memberi tenaga lebih untuk tubuh, sehingga kamu bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih optimal. Tentu sulit kan, jika kamu punya segudang to-do-list setiap harinya namun tubuh gampang capek? Tak ada salahnya menjaga stamina dan mengubah pola makan, bagaimana ya caranya?

Protein: bahan bakar utama tubuh

Tahukah kamu kenapa tubuh sering cepat kehabisan tenaga dan merasa lelah? Ternyata menurut artikel dari situs resmi School of Public Health Harvard kebutuhan protein pada orang dewasa adalah mengonsumsi 0,8 gram protein untuk setiap 1 kg berat badan. Jadi jika berat badanmu 60kg, maka protein yang dikonsumsi adalah 0,8 gram kali 60 yaitu 48 gram. Pilih pula sumber protein yang sehat seperti ikan, telur, kacang-kacangan, tahu dan tempe.

Menyeleksi karbohidrat

Ada banyak anjuran makan sehat yang mengharuskan kamu mengurangi karbohidrat. Hal ini ada benarnya, namun bukan berarti tubuh tidak membutuhkan karbohidrat sama sekali. Hanya saja, kamu perlu menyeleksi jenis karbohidrat yang masuk dalam tubuhmu. Karbohidrat yang sehat adalah jenis karbohidrat yang memerlukan waktu yang waktu yang lama dibakar oleh tubuh. Pilih karbohidrat kompleks sehingga energi bertahan lama di dalam tubuh misalnya saja gandum, beras merah, dan biji-bijian. Sementara itu hindari karbohidrat tinggi gula seperti nasi putih, tepung terigu, dan minuman manis. Kandungan gula yang tinggi justru akan menciptakan ledakan energi, yakni kekuatan sesaat. Begitu gula selesai diproses, kamu malah akan lemas dan mengantuk.

Lemak, tak selalu jahat

Lemak juga merupakan sumber energi tubuh setelah karbohidrat. Namun bijaklah memilih jenis lemak yang dikonsumsi. Lemak yang direkomendasikan adalah asam lemak tak jenuh yakni makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, alpukat, minyak wijen, dan minyak kedelai.

Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kekuatan tubuh. Dilansir dari CNN, idelanya kamu dapat  mengonsumsi lima porsi sayuran dan dua hingga empat porsi buah segar setiap hari. Pilih pula buah dan sayuran yang mengandung indeks glikemik rendah seperti ubi jalar, bengkuang, wortel, kembang kol, labu, dan brokoli. Aneka sayuran hijau juga dapat memperkuat tenaga.

Air putih, fungsi tak tergantikan

Bukan susu - ternyata minuman yang dapat menyempurnakan pola makan sehat kamu adalah air putih. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan air putih adalah solusi terbaik untuk mencegah kondisi ini. Kamu membutuhkan 1,5 – 2 liter air per hari (atau menyesuaikan dengan berat badanmu). Jika aktivitasmu padat dan cuaca panas, kamu mungkin perlu minum lebih banyak air putih.

Dengan memperhatikan pola makanmu, maka kamu akan mendapatkan gizi yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh pun dapat menghasilkan energi secara optimal. Dampaknya, stamina lebih terjaga dan kamu nggak gampang capek lagi. Tambahkan juga dengan mengonsumsi hemaviton Action secara rutin, cukup 1 kapsul setiap hari. Kombinasi Vitamin C, Zinc, Vitamin E, Ginseng Extract, Creatine, Multivitamin dan Mineral penting di dalamnya  bisa membantu menambah tenaga agar tidak mudah lelah setelah menempuh perjalanan jauh ke kantor dan menghadapi banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.Tersedia dalam kemasan kapsul, hemaviton Action bisa jadi pilihan tepat dan praktis untuk kamu!