Fungsi Vitamin D yang Paling Terasa Bagi Tubuh dan Pengaruhnya Terhadap Rutinitas Harian

Wednesday, 29 June 2022

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang diproduksi oleh tubuh dari kolesterol dan prosesnya akan berlangsung dengan lebih optimal saat tubuh terpapar sinar matahari. Hal inilah yang akhirnya membuat vitamin D dikenal juga dengan sebutan “vitamin sinar matahari”. Namun sayang, hingga kini masih banyak orang yang tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, sehingga kadar vitamin D dalam tubuhnya tidak dalam jumlah yang optimal.

Dilansir dari laman Webmd.com, saat seseorang mengalami kekurangan vitamin D, maka mereka akan mengalami beberapa gejalanya berikut ini.

  • Kelelahan
  • Otot terasa lemas
  • Nyeri pada tulang dan persendian
  • Perubahan suasana hati

Fungsi Vitamin D Bagi Tubuh Manusia

Vitamin D merupakan vitamin yang memiliki peranan penting terhadap kesehatan tubuh, terutama untuk beberapa hal berikut ini.

1. Kesehatan tulang

Fungsi vitamin D yang paling terasa salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Saat seseorang memiliki kadar vitamin D yang cukup, maka tubuhnya bisa menyerap kalsium dengan baik, sehingga tulang tetap kuat dan sehat. Sebaliknya, kurangnya vitamin D dalam tubuh bisa menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium yang bisa memicu pengeroposan tulang atau osteoporosis (biasanya dialami lansia) serta penyakit tulang lainnya seperti rakhitis pada anak-anak, dan osteomalacia pada orang dewasa (kondisi tulang yang tidak kuat).

Baca Juga: 3 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D. Kamu Pernah Merasakannya?

2. Sistem kekebalan tubuh

Vitamin D juga memegang peranan penting dalam menjaga dan memastikan bahwa sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik, salah satunya adalah berinteraksi dengan sel tubuh untuk melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Kembali dilansir dari Webmd.com, banyak penelitian menunjukkan adanya hubungan antara penyakit gangguan pernapasan seperti flu dan bronchitis dengan kurangnya vitamin D pada seseorang.

Pengaruh vitamin D terhadap rutinitas harian dan bagaimana cara memenuhinya?

Dilansir dari Klikdokter.com, tak hanya berperan dalam menjaga kesehatan tulang, otak, dan jantung, vitamin D juga berperan dalam meningkatkan energi bagi seseorang. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap rutinitas seseorang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas yang cukup padat dan juga rutin berolahraga.


Meski tubuh kita bisa memproduksi vitamin D sendiri, vitamin yang satu ini juga bisa didapatkan secara alami melalui beberapa jenis makanan seperti ikan dan juga kuning telur. Hal ini bisa menjadi alternatif ketika seseorang tidak bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup setiap harinya, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dengan musim dingin dan sinar matahari yang terbatas.

Baca Juga: 4 Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D untuk Tubuh

Selain ikan dan kuning telur, makanan lain yang juga kaya akan kandungan vitamin D di dalamnya adalah sayuran hijau seperti bayam dan kale. Namun, jika ternyata asupan vitamin D yang didapatkan dari paparan sinar matahari dan juga makanan masih belum mencukupi kebutuhan vitamin harian, kita bisa memenuhinya dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Action TOTAL CARE ImunUP yang mengandung Formula TOTAL CARE ImunUP yang dapat memberikan  3 Action Benefit untuk bantu jaga daya tahan tubuh, stamina dan kesegaran:

  • Buffered Vitamin C 500mg yang nyaman di lambung, serta Vitamin D3 dan Zinc yang ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Ginseng Extract, Vitamin B Complex, dan Guaranine untuk menjaga stamina dan kesegaran.

Nah, agar daya tahan tubuh semakin kuat dan aktivitas harianmu bisa berjalan dengan lancar, yuk penuhi kebutuhan vitamin D3 dengan baik mulai sekarang. Selain dengan mengonsumsi makanan sehat dan juga rutin berjemur di bawah paparan sinar matahari selama 15 menit setiap pagi, minum juga hemaviton Action TOTAL CARE ImunUP sebanyak 1x sehari secara rutin. Mau coba?

Artikel Lainnya: Tanpa Kamu Sadari, Ini Dia Beberapa Hal yang Bisa Memengaruhi Produktivitas Kerja!