Tanpa Kamu Sadari, Ini Dia Beberapa Hal yang Bisa Memengaruhi Produktivitas Kerja!

Tuesday, 24 May 2022

Menjalani rutinitas yang sama setiap harinya terkadang membuat kita lebih cepat merasa bosan. Rasa bosan inilah yang nantinya akan sangat berpengaruh pada produktivitas kerja. Jika sudah begini, alih-alih mencapai target yang sudah ditentukan, yang ada justru kita mendapat teguran dari atasan karena tidak maksimal dalam menjalankan setiap kewajiban pekerjaan yang sudah diberikan. Namun, tahukah kamu bahwa selain rasa bosan, masih ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi produktivitas kerja, loh. Apa saja, ya?

Lingkungan kerja

Tanpa kita sadari, lingkungan di sekitar tempat kerja memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap suasana hati yang ujungnya akan berimbas pada produktivitas kerja setiap karyawannya. Jika seseorang bekerja di lingkungan kerja yang mendukung, maka produktivitasnya akan meningkat. Hal ini bisa tercermin dari suasana kantor yang nyaman, rekan kerja yang menyenangkan dan mau diajak bekerjasama sebagai tim, beban kerja yang ideal, hingga atasan yang bisa menjadi pemimpin yang baik di tempat kerja dan memberikan kesempatan yang sama bagi karyawannya untuk terus mengembangkan kemampuannya.

Pemilihan outfit ke kantor

Tanpa disadari, pemilihan outfit atau pakaian yang kita pakai setiap harinya saat bekerja juga berperan penting dalam membentuk mood dan produktivitas kerja. Oleh karena itu, tak perlu harus pakaian mahal, usahakan sebisa mungkin untuk menggunakan pakaian yang nyaman, rapi, wangi, dan sopan sehingga tak hanya bisa menunjang penampilan, tetapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan semangat saat beraktivitas sehari-hari.

Jika kebetulan pekerjaan kamu mengharuskan untuk mengenakan seragam, pastikan untuk menggantinya secara rutin dan mencucinya hingga bersih, ya. Dengan begini, kamu bisa pergi bekerja dengan lebih semangat dan produktif saat di kantor.

Kurang istirahat

Dilansir dari Tirto.id, tidur (terutama di malam hari) merupakan salah satu dari tiga pilar utama kesehatan yang baik selain makanan sehat dan olahraga teratur. Kurangnya waktu tidur di malam hari bisa mengganggu konsentrasi dan memengaruhi seseorang untuk melakukan kesalahan lebih banyak saat bekerja. Tak hanya itu saja, kurang tidur juga bisa membuat seseorang terus mengantuk saat di kantor, sehingga pekerjaan akan terus tertunda atau selesai lebih lama.

Baca Juga: Rahasia Tetap Produktif Saat Kerja Double Shift


Tubuh kurang sehat dan berstamina

Selain kurangnya waktu tidur di malam hari, rutinitas sehari-hari yang cukup padat juga menjadi faktor utama menurunnya kesehatan dan stamina tubuh kita. Jika dibiarkan secara terus-menerus tanpa dicari solusinya, tentu akan sangat memengaruhi produktivitas kerja di kantor. Namun tenang, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kesehatan dan stamina tubuh agar dapat beraktivitas dengan lebih semangat dan bertenaga.

  1. Memperbaiki manajemen waktu, dimulai dari mengubah jam tidur setiap malamnya. Usahakan untuk mendapatkan istirahat selama enam hingga delapan jam, sehingga bisa bangun dengan lebih segar keesokan paginya.
  2. Setelah berhasil mengatur waktu tidur, kamu bisa mulai rutinitas baru setelah bangun tidur, misalnya dengan melakukan gerakan peregangan atau berolahraga ringan selama 30 menit sebelum mandi.
  3. Sebelum berangkat kerja, sempatkan waktu untuk sarapan dengan mengonsumsi makanan sumber protein, seperti roti, telur, atau susu. Jika waktunya tidak memungkinkan, kamu bisa memakannya sesampainya di kantor. Makanan yang kaya protein ini berperan sebagai sumber tenaga agar dapat beraktivitas dengan lebih maksimal.
  4. Tidak membawa pekerjaan ke rumah, karena kebiasaan ini hanya akan membuat kamu begadang, sehingga tidak memiliki waktu istirahat yang cukup di malam hari.
  5. Perhatikan asupan makanan setiap harinya. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak, kolesterol, dan juga gula berlebihan.
  6. Olahraga rutin setiap harinya.
  7. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral melalui suplemen tambahan, seperti hemaviton Stamina Plus yang memiliki kandungan lengkap sehingga dapat membuat tubuh tetap sehat dan berstamina, seperti Vitamin B Complex, Buffered Vitamin C, Zinc, Vitamin A & E, Ginseng Extract, Guaranine, L-Glutamic Acid serta mineral. 

Tak perlu khawatir, kandungan Buffered Vitamin C yang terdapat dalam hemaviton Stamina Plus bersifat lebih tidak asam sehingga lebih nyaman di lambung. Kamu bisa melengkapi persediaan hemaviton Stamina Plus di rumah maupun saat beraktivitas dengan cara membelinya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayangan sekarang juga.

Minum hemaviton Stamina Plus secara rutin setiap harinya, bikin tubuh tetap berstamina dan produktivitas kerja tetap terjaga!

Baca Juga: Cara Meningkatkan Stamina Pasca Libur Panjang Agar Kembali Semangat Bekerja