Cara Meningkatkan Stamina Pasca Libur Panjang Agar Kembali Semangat Bekerja

Wednesday, 18 May 2022

Pergi ke berbagai destinasi wisata favorit dan melakukan banyak hal menyenangkan selama liburan selalu sukses membuat imun tubuh meningkat drastis. Namun, kondisi ini tentu akan berbeda ceritanya saat liburan berakhir dan harus kembali ke rutinitas harian, di mana suasana akan berubah, energi dan stamina telah terkuras, dan mood juga ikut menurun. Tapi tenang, berikut ini beberapa cara meningkatkan stamina setelah libur panjang agar kembali semangat untuk beraktivitas.

Cara meningkatkan stamina dengan memperbaiki pola makan

Saat liburan kita cenderung mengonsumsi makanan lebih banyak dan tak jarang juga asupan makanan yang masuk menjadi tidak terkontrol dengan baik, seperti makanan yang tinggi gula dan kolesterol, junk food, dan berbagai camilan yang tidak diketahui nilai nutrisinya. Meski memiliki rasa yang lezat, namun mengonsumsi beberapa makanan tersebut secara berlebihan selama liburan tentunya bisa menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Jadi jangan heran jika setelah liburan selesai, berat badan naik drastis, badan menjadi mudah lelah, dan pastinya menjadi malas untuk kembali ke rutinitas harian.

Oleh karena itu, memperbaiki pola makan adalah langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan stamina dan semangat untuk kembali beraktivitas. Jika selama liburan terbiasa makan makanan cepat saji, makanan khas daerah yang tinggi kalori, dan berbagai camilan manis, maka Anda bisa mengubahnya dengan cara berikut ini.

  • Mengurangi porsi nasi
  • Memperbanyak asupan protein, baik nabati maupun hewani sebagai sumber energi
  • Memperbanyak konsumsi sayuran hijau
  • Ganti konsumsi es kopi susu dan minuman manis lainnya dengan air mineral yang cukup setiap harinya
  • Memilih buah sebagai menu camilan
  • Tidak melewatkan sarapan setiap pagi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi protein

Dengan begini, Anda bisa mengurangi kalori dalam tubuh, sehingga badan bisa menjadi lebih segar, tidak mudah lelah dan mengantuk, dan kembali bersemangat untuk beraktivitas penuh dengan energi.

Baca Juga: Perhatikan! Kurangi Konsumsi Gula, Bila Kamu Mengalami 4 Kondisi Ini...

Meluangkan waktu untuk melakukan olahraga sederhana

Tak hanya soal makanan, liburan panjang seringkali membuat kita lupa untuk melatih fisik dengan berolahraga. Saat liburan usai, cobalah manfaatkan waktu luang sebelum atau setelah bangun tidur selama 30 menit untuk melakukan gerakan olahraga seperti push up, sit up, dan squat untuk melatih kekuatan otot tubuh. Selain beberapa gerakan olahraga ini, Anda juga bisa memilih olahraga lari atau jalan kaki selama 45 menit setiap harinya. Tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan, latihan inilah yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan merupakan cara meningkatkan stamina agar bisa melakukan rutinitas harian dengan lebih bersemangat setiap harinya.

 

Istirahat cukup, hindari begadang

Melakukan perjalanan yang cukup panjang dan berkumpul dengan keluarga serta teman selama liburan tentu akan sangat menguras tenaga. Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki manajemen waktu yang baik, salah satunya menentukan jam tidur. Berhubung Anda harus kembali beraktivitas normal lagi, sebaiknya hindari begadang agar keesokan harinya bisa bangun lebih segar dan bersemangat. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang disarankan adalah enam hingga delapan jam setiap malamnya.

Mengonsumsi suplemen tambahan

Selain ketiga cara meningkatkan stamina di atas, langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Stamina Plus. Pasalnya,  hemaviton Stamina Plus memiliki kandungan lengkap yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan berstamina, seperti Vitamin B Complex, Buffered Vitamin C, Zinc, Vitamin A & E, Ginseng Extract, Guaranine, L-Glutamic Acid serta mineral.

Tak perlu khawatir, kandungan Buffered Vitamin C yang terdapat dalam hemaviton Stamina Plus bersifat lebih tidak asam, sehingga lebih nyaman di lambung. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, sediakan selalu hemaviton Stamina Plus dengan cara membelinya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayangan sekarang juga.

Artikel Lainnya: Waktu Paling Seru untuk Minum hemaviton C 1000 Total Care. Mana Favorit Kamu?