3 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D. Kamu Pernah Merasakannya?

Friday, 14 January 2022

Selama pandemi, vitamin D memiliki peranan yang cukup penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Untuk memenuhi kadar vitamin D, tubuh akan memproduksinya dengan bantuan paparan sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan melalui sumber lain, seperti paparan sinar matahari dan asupan makanan tertentu seperti ikan, minyak ikan, telur, dan susu.

 

Meski terbilang jarang, namun seseorang juga bisa mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin D, terutama jika mereka tidak pernah terpapar sinar matahari dan menjalankan pola hidup yang kurang sehat. Lantas, apa saja tanda tubuh kekurangan vitamin D?

 

Tanda tubuh kekurangan vitamin D

 

  1. Tubuh mudah lelah

Tanda tubuh kekurangan vitamin D yang paling mudah dikenali adalah mudah merasa lelah. Rasa lelah yang muncul ini pun tidak diketahui penyebabnya, karena biasanya seringkali terjadi meski sudah istirahat dan tidur cukup setiap harinya. Untuk keluhan yang satu ini, biasanya akan lebih banyak dialami selama WFH akibat jarang keluar rumah dan terpapar sinar matahari. Apakah kamu salah satu orang yang mengalaminya?

 

  1. Mengalami nyeri pada tulang dan persendian

Tak hanya tubuh yang mudah merasa kelelahan meski sudah istirahat cukup, kekurangan vitamin D juga ditandai dengan sering mengalami nyeri pada tulang dan persendian. Seperti hanya rasa lelah, keluhan ini juga bisa muncul kapan saja tanpa penyebab yang jelas.

 

  1. Sering kram, otot melemah, dan keringat berlebih

Selain menjaga kekuatan tulang, vitamin D juga berperan untuk menguatkan otot tubuh secara keseluruhan. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin D akan mengalami penurunan kekuatan otot yang membuatnya lebih mudah terjatuh dan juga sering mengalami kram. Tak hanya itu, tanda lain yang juga menandakan seseorang mengalami defisiensi vitamin D dalam tubuhnya adalah seringkali berkeringat di bagian kening namun suhu tubuhnya normal.

 

Selain itu, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun, sehingga risiko terserang penyakit menjadi lebih besar.  Jika tidak segera diatasi dengan baik, tentu bisa memicu timbulnya ancaman penyakit yang lebih serius, seperti tulang rapuh, depresi, penyakit jantung, hingga meningkatkan risiko penyakit kanker.

 

Bagaimana menjaga kadar vitamin D dalam tubuh?

Melihat pentingnya peranan vitamin D bagi kesehatan, perlu usaha khusus bagi kamu untuk mencukupinya. Selain dengan memeriksakan langsung pada dokter untuk memastikan kadar vitamin D dalam tubuh, beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Mengonsumsi makanan sumber vitamin D, seperti ikan, minyak ikan, tuna, kuning telur, oatmeal, dan susu.
  2. Rutin berjemur paling tidak 15 menit di bawah sinar matahari pagi setiap harinya. Selain membantu meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh, cara yang satu ini juga dianggap ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi.
  3. Mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton Action TOTAL CARE ImunUP yang mengandung Formula TOTAL CARE di dalamnya seperti:
  • Buffered Vitamin C 500mg yang nyaman di lambung, serta Vitamin D3 dan Zinc yang ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Ginseng Extract, Vitamin B Complex, dan Guaranine untuk menjaga stamina dan kesegaran.

 

Oleh karena itu, yuk pastikan kebutuhan vitamin D3 harianmu terpenuhi dengan baik dengan mengonsumsi hemaviton Action TOTAL CARE ImunUP sebanyak 1x sehari secara rutin mulai dari sekarang! Dengan begini, daya tahan tubuh tetap terjaga untuk mendukung aktivitas kamu sehari-hari, terutama saat pandemi.

Artikel Lainnya: Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tanpa Disadari Kamu Lakukan Berulangkali