Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tanpa Disadari Kamu Lakukan Berulangkali

Monday, 28 February 2022

Tak selamanya jahat, kolesterol merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang diproduksi oleh hati dan menjadi salah satu komponen penting agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Namun, tentunya dalam kadar yang normal. Lain ceritanya jika kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat bahkan melebihi batas kewajaran yang justru bisa menyebabkan munculnya penyumbatan hingga masalah kardiovaskular lainnya.

Tanda seseorang memiliki kolesterol yang tinggi

Dilansir dari Hellosehat.com, seseorang yang terkena kolesterol tinggi biasanya akan menunjukkan beberapa gejala yang umum seperti berikut ini.

  • Gampang lelah
  • Dada terasa nyeri akibat adanya penumpukkan zat lemak pada pembuluh darah arteri yang juga menyebabkan aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Jika begini, kebutuhan oksigen pada jantung tidak terpenuhi dengan baik.
  • Mudah kesemutan di beberapa bagian tubuh, seperti kaki, tangan, dan leher.

Penyebab Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari

Tahukah kamu bahwa meningkatnya kadar kolesterol seringkali disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari dilakukan berulangkali, lho. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

  1. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab kolesterol tinggi yang paling umum dan sering terjadi, biasanya karena padatnya pekerjaan dan sedikitnya waktu untuk mengolah makanan sendiri di rumah. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang membuat kita bisa memesan berbagai makanan dengan lebih mudah lewat online dengan banyaknya promo yang ditawarkan. Kebiasaan inilah yang akhirnya membuat kita mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan cepat saji, dan makanan atau minuman kemasan secara berlebihan.

Baca Juga: Penyebab Kolesterol Tinggi, Tidak Selalu dari Makanan!

  1. Konsumsi alkohol

Tak hanya menjadi salah satu bagian dari gaya hidup (terutama di ibukota), alkohol juga seringkali dijadikan sebagai pelarian saat seseorang sedang stress, dengan anggapan bahwa dengan minum alkohol bisa membuat beban pikiran menjadi lebih ringan. Namun, alih-alih meringankan beban hidup dan menyenangkan lingkungan sosialmu, mengonsumsi alkohol secara terus-menerus bisa memicu tekanan darah tinggi, merusak organ hati, dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Merokok

Penyebab kolesterol tinggi yang juga jarang disadari dan tetap dilakukan berulangkali adalah merokok. Meski banyak yang menganggap bahwa rokok bisa mengatasi rasa asam di mulut (apalagi setelah makan), namun zat-zat kimia dalam rokok mengandung racun yang bisa merusak lapisan dalam pembuluh darah. Kondisi ini tentu bisa meningkatkan risiko penyempitan dan pembekuan darah.

  1. Olahraga berlebihan

Olahraga rutin memang memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, bukan berarti kamu bisa melakukannya secara berlebihan untuk mendapatkan hasil yang paling maksimal. Alih-alih menjaga kesehatan tubuh dan melatih kekuatan otot, olahraga dengan intensitas yang tinggi justru bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Pasalnya, saat olahraga dengan terlalu keras, respon stress tubuh dieksploitasi sehingga memicu reaksi biokimia yang dapat menyebabkan kerusakan serius seperti stress kronis. Kondisi inilah yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan metabolisme yang secara tidak langsung bisa memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Begadang dan tidur berlebihan

Kamu termasuk salah seorang yang gemar begadang demi menyelesaikan pekerjaan atau sekadar nonton, bermain games, atau scrolling media sosial? Jika iya, sebaiknya segera hindari kebiasaan yang satu ini, karena begadang hanya akan mengurangi kualitas tidur sekaligus penyebab kolesterol tinggi yang masih seringkali diabaikan. Dilansir dari Grid.com, saat seseorang kurang tidur, maka tingkat stresnya akan meningkan, fungsi otak melambat, dan sirkulasi dalam tubuh juga mengalami dampaknya. Kondisi ini jugalah yang memengaruhi fluktuasi kadar lipid dalam darah.

Sama halnya dengan kurang tidur, tidur dalam waktu yang berlebihan (lebih dari sembilan jam) juga bisa memengaruhi kadar lipid dalam darah. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan waktu tidur selama enam hingga delapan jam setiap malamnya, ya.

Nah, dari beberapa kebiasaan di atas, mana yang paling sering kamu lakukan? Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Bagaimana cara mengatasi kolesterol tinggi?

Tak perlu bingung, cara paling mudah untuk mengatasi dan mencegah terkena kolesterol tinggi tentu dengan menghindari beberapa kebiasaan di atas dan mulai menerapkan pola hidup sehat sebagai berikut.

  • Menerapkan pola makan yang sehat, misalnya dengan mengolah makanan sendiri di rumah, menghindari penggunaan minyak yang berlebihan, dan perbanyak konsumsi buah-buahan serta sayuran hijau yang kaya akan nutrisi untuk melancarkan aliran darah ke tubuh.
  • Olahraga secukupnya, minimal 30 menit setiap harinya. Pastikan untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuhmu, ya.
  • Mencukupi kebutuhan tidur, yaitu enam hingga delapan jam setiap malamnya bagi orang dewasa.

Selain beberapa cara di atas, dukung juga pola hidup sehat kamu dengan rutin mengonsumsi hemaviton Cardio 3x sehari sebelum makan. Kandungan bahan alami Phytosterol 500 mg di dalamnya bermanfaat untuk memblok kolesterol yang masuk ke dalam darah melalui makanan. Tak hanya itu, hemaviton Cardio juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral seperti Vitamin C, Vitamin E, Zinc yang kaya antioksidan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Dapatkan hemaviton Cardio di Apotik & Toko Obat terdekat!

Artikel Lainnya: Sering Kesemutan Bisa Jadi Ciri-ciri Kekurangan Vitamin Neurotropik? Simak Penjelasannya Di Sini