Sering Kesemutan Bisa Jadi Ciri-ciri Kekurangan Vitamin Neurotropik? Simak Penjelasannya Di Sini

Wednesday, 16 February 2022

Kesemutan di beberapa bagian tubuh merupakan salah satu keluhan kesehatan yang seringkali dialami oleh semua kalangan, mulai dari anak muda hingga lanjut usia. Biasanya, kesemutan merupakan gejala ringan dan sifatnya hanya sementara akibat telalu lama duduk bersila atau ada bagian tubuh yang tertekan dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasinya pun sangat mudah, karena kamu hanya perlu mengubah posisi duduk atau posisi badan agar tidak ada yang tertekan lagi.

                                       

Namun, tak jarang juga orang yang justru merasakan sebaliknya. Kesemutan semakin sering muncul dan keluhannya cukup parah, bahkan disertai dengan beberapa gejala lain, seperti kebas, nyeri, dan otot yang melemah. Meski penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari infeksi bakteri atau virus dan penyakit sistematik seperti diabetes, namun kesemutan yang sering kamu alami juga bisa jadi merupakan ciri-ciri kekurangan vitamin neurotropik, lho. Bagaimana cara mengatasinya, ya?

Kesemutan Sebagai Ciri-ciri Kekurangan Vitamin Neurotropik

Vitamin neurotropik terdiri atas vitamin B1 (tiamin), B6 (piridoksin), dan B12 (kobalamin). Pada tubuh manusia, vitamin neurotropik merupakan jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh saraf agar dapat bekerja dengan maksimal. Berikut ini beberapa manfaat dari kandungan vitamin neurotropik dalam tubuh.

  • Vitamin B1 berperan dalam membantu menyediakan energi bagi sistem saraf
  • Vitamin B6 berperan dalam mendukung perkembangan otak, menjaga kesehatan sistem saraf, dan sistem imun
  • Vitamin B12 dibutuhkan untuk produksi myelin yang berfungsi untuk melindungi serat saraf

Oleh karena itu, saat seseorang mengalami kekurangan vitamin neurotropik, maka akan berdampak pada kesehatan sarafnya. Gejala yang paling awal dan sering muncul adalah rasa kesemutan di anggota gerak tubuh seperti, tangan dan kaki.

Baca Juga: Jangan Abaikan Kebas dan Kesemutan, Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin Neurotropik

Bagaimana Mengatasi Kekurangan Vitamin Neurotropik?

Namun tak perlu khawatir, kesemutan di bagian tangan dan kaki sebagai ciri-ciri kekurangan vitamin neurotropik tentu bisa diatasi dengan cara berikut ini.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, seperti ikan, daging, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan sebagai menu harian. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin B dalam tubuh guna menjaga kesehatan saraf.
  • Tak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk mengatasi kekurangan vitamin neurotropik, seperti hemaviton Neuro Forte.

Kombinasi Vitamin B1 100 mg, Vitamin B6 100 mg, dan Vitamin B12 5000 mcg yang terdapat pada hemaviton Neuro Forte berperan dalam mengobati kerusakan sel saraf atau neuropati yang ditunjukkan dengan gejala kesemutan dan kebas yang terjadi berulangkali. Untuk mencegah hal ini terjadi di kemudian hari, minum 1 kaplet sehari sesudah makan secara rutin setiap harinya, ya. Dapatkan hemaviton Neuro Forte di Apotik & Toko Obat terdekat!

Baca Juga: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Keluarga yang Sedang Isoman