5 Cara Memulihkan Tenaga Setelah Sakit pada Masa Penyembuhan

Saturday, 27 February 2021

Rasanya pasti melegakan ketika kamu berhasil sembuh dari penyakit apapun itu. Namun seringkali setelah sakit, tubuh masih terasa tidak fit dan butuh waktu untuk memulihkannya seperti sedia kala. Sebenarnya, kamu bisa mencoba mencoba beberapa cara memulihkan tenaga setelah masa penyembuhan sakit di bawah ini, untuk mempercepat prosesnya. Apa sajakah itu?

 

Cara Memulihkan Tenaga Setelah Sakit

 

1. Berolahraga

Yuk, dorong dirimu untuk melakukan aktivitas fisik  untuk memulihkan tenaga setelah sakit. Cukup lakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jalan pagi, atau jogging di sekitar rumah. Berolahraga terbukti mampu memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, maupun otot sehingga kembali mengoptimalkan stamina kamu.

 

2. Banyak minum air putih

Jaga tubuh tetap hidrasi adalah salah satu cara memulihkan tenaga setelah sakit. Paling tidak, setiap orang harus minum 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya (sesuaikan dengan berat badan dan aktivitasmu ya!). Untuk memastikan apakah kamu kurang minum atau tidak, cobalah lakukan pengecekan sederhana dengan memeriksa warna urin. Jika urin berwarna kuning gelap, itu tandanya kamu kurang minum. Namun, jika warna kuning terang hingga bening, artinya kamu sudah cukup minum.

 

3. Makan lebih sering

Usai sakit, biasanya tubuh masih terasa lemas. Untuk mengembalikan energi setelah sakit, cobalah makan dalam porsi kecil tetapi sering  Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah misalnya pisang, brokoli, nasi putih, roti gandum, kacang-kacangan, dan lainnya. Makanan yang mengandung magnesium juga penting dikonsumsi saat masa penyembuhan untuk mengoptimalkan kemampuan tubuh menyerap vitamin C dan D.

Baca Juga: Menjaga Stamina dengan Mengubah Pola Makan, Bagaimana Caranya?

 

4. Cukup tidur

Meskipun kamu perlu beraktivitas fisik selama pemulihan, tapi jangan memaksakan diri apalagi sampai mengabaikan waktu istirahat. Kurang waktu tidur dapat meningkatkan kelelahan, sehingga kamu jadi kembali tak bertenaga pada keesokan harinya.Melansir laman Web MD, studi dari Standford University mengatakan bahwa cukup tidur dapat meningkatkan stamina dan mengurangi rasa lelah. Maka itu, penting untuk mengatur jam tidur dan istirahat. Setiap orang butuh waktu paling tidak 10 menit untuk beristirahat di sela-sela aktivitas. Sementara itu, lama jam tidur untuk orang dewasa adalah 7-8 jam setiap harinya.

 

5. Probiotik

Para ahli memperkirakan bahwa bakteri probiotik terlibat hingga 60 sampai 80 persen dari total sistem kekebalan tubuh kita. kamu juga dapat mengonsumsi probiotik dalam jumlah yang normal sehari-hari untuk membantu kelancaran pencernaan

 

Selain 5 cara di atas, konsumsi juga hemaviton Stamina Plus untuk memulihkan tenaga setelah masa penyembuhan sakit. Kandungan Ginseng Extract, L-Glutamic Acid, Multivitamin dan Mineral di dalamnya mampu membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh. hemaviton Stamina Plus juga mengandung Vitamin C 150 mg yang penting untuk memelihara daya tahan tubuh dan antioksidan untuk meredam radikal bebas. Minumlah dua kapsul setiap hari agar stamina tubuh dan daya tahan kembali pulih!

Baca Juga: Tips Mengembalikan Stamina Setelah Sakit

cara memulihkan tenaga setelah sakit dengan hemaviton stamina plus