Tips Mengembalikan Stamina Setelah Sakit

Friday, 13 October 2017

Sembuh dari sakit memang menyenangkan. Namun tak jarang kondisi tubuhmu tidak langsung kembali pada kondisi normal. Terkadang anda butuh waktu beberapa hari untuk benar-benar memulihkan stamina. Agar proses pemulihan tubuh setelah sakit bisa berlangsung lebih cepat, coba perhatikan hal-hal berikut ini.

Hindari begadang
Jangan mentang-mentang baru sembuh, lalu kamu langsung beraktivitas secara berlebihan. Mungkin kamu sudah cukup kuat untuk pergi kuliah, bekerja, atau hang out bareng teman. Namun ingat waktu ya, jangan sampai terlalu kelelahan dan kurang istirahat. Sebab, pada masa penyembuhan staminamu belum kembali prima 100% dan rentan kembali sakit. Oleh karena itu, usahakan pulang tidak terlalu larut (jangan lembur dulu!) dan tidurlah lebih awal agar kebutuhan istirahatmu terpenuhi.

Olahraga ringan
Biasanya pada saat sakit, tubuh jadi terasa pegal, linu, dan gampang lelah. Walaupun istirahat sangat penting, bukan berarti kamu boleh jadi pemalas. Tidak bergerak sama sekali dan hanya berbaring seharian di tempat tidur justru bisa memperburuk kondisi ini. Buat tubuhmu tetap aktif dengan gerakan olahraga ringan seperti stretching atau jalan kaki dengan kecepatan sedang. Jika dalam proses penyembuhan kamu tidak dilarang untuk terkena udara luar, lakukan olahraga ringan ini di luar ruangan agar kamu bisa menghirup udara segar dan terkena sinar matahari yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Perbanyak minum air putih
Air putih bisa memberi berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh. Selain memperlancar fungsi organ tubuh seperti kerja ginjal, penyerapan makanan, dan sirkulasi darah, air putih juga bisa mempertahankan suhu normal tubuh. Jika kamu baru mengalami sakit demam, minum air putih bisa mempercepat proses pemulihannya.

Baca Juga: Cara memulihkan tenaga setelah sakit

Konsumsi vitamin
Berbagai vitamin sangat baik untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Dalam masa penyembuhan perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin. Olah buah dan sayur dengan cara yang Anda sukai. Pastikan saja buah dan sayuran tersebut masih segar dan dalam kondisi bersih saat dimakan. Sebagai tambahan, minum juga hemaviton Action, multivitamin yang mengandung guaranine, extract ginseng, dan creatine yang bisa menambah energi dan kesegaran tubuh. Sementara kandungan multivitamin, mineral, dan calcium pantothenate yang membantu proses metabolisme tubuh serta memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harianmu. Termasuk juga vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat proses penyembuhan. Kamu jadi siap action setiap saat!