5 Minuman yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Thursday, 28 September 2017

Hobi mengonsumsi makanan berlemak? Boleh saja selama kadar kolesterolmu masih di batas normal. Untuk mencegah kadar kolesterol dalam darah meningkat, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis minuman di bawah ini.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung kadar antioksidan tertinggi yang dikenal sebagai polifenol. Menurut University of Maryland Medical Center, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kadar kolesterol total. Teh hijau juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang bisa menyapu kolesterol jahat dari arteri kamu. Peneliti percaya bahwa polifenol pada teh hijau bisa menghambat penyerapan kolesterol di usus dan meningkatkan ekskresi dari tubuh kamu.

Jus Lemon

Menurut American Dietetic Association, limonoids dalam lemon yang merupakan sumber rasa pahit pada jeruk berguna untuk menurunkan kolesterol. Di dalam lever, kolesterol dibuat dari bahan yang disebut apolipoprotein B dan trigliserida. Salah satu jenis limonoids, yaitu limonin, bekerja memperlambat produksi apolipoprotein dan trigliserida tadi. Lemon juga kaya vitamin C yang merupakan sumber antioksidan dan berfungsi menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara teratur.

Es Ketimun

Buah mentimun punya khasiat dapat menetralisir kadar kolesterol setelah makan makanan berlemak. Itu sebabnya, irisan mentimun kerap disajikan sebagai pendamping berbagai masakan khas Indonesia. Bagi yang bosan menyantap irisan mentimun, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman es mentimun serut atau mencampurkannya dengan air jeruk murni agar lebih segar lagi. Biasanya restoran khas Padang atau Aceh juga menyediakan jenis minuman ini.

Baca Juga: Mengurangi Makan Makanan Penyebab Kolesterol

Jus Anggur

Anggur mengandung nutrisi yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Disarankan untuk mengkonsumsi  16 ons jus anggur untuk mendapatkan manfaat terbaik dari jus ini dan hindari penambahan gula.

Yogurt

Yogurt adalah pilihan lain yang mungkin dikonsumsi bagi siapa saja yang ingin menurunkan LDL. Bahkan penelitian yang menyimpulkan yogurt bisa menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 11% setelah 9 minggu dikonsumsi. Disarankan minum yogurt dengan kandungan probiotik sekitar 200 miligram per hari. Yogurt dapat mengoptimalkan khasiat bakteri baik Lactobacillus dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain dengan minuman di atas, bantu juga dengan mengonsumsi hemaviton Cardio pada saat atau sesudah makan. Phytosterol yang terkandung didalam hemaviton Cardio merupakan bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan berfungsi memblok kolesterol yang masukke tubuh melalui makanan agar tidak masuk ke dalam darah. Mengonsumsi hemaviton Cardio secara teratur tidak hanya membantu menurunkan kolesterol tetapi juga mencegah kolesterol masuk ke dalam darah.

Baca Juga: Cara Mengecek Kolesterol Tanpa Alat

Related Article

WELLNESS

Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tanpa Disadari Kamu Lakukan Berulangkali

Tak selamanya jahat, kolesterol merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang diproduksi oleh hati...

SELENGKAPNYA