Panduan Isolasi Mandiri di Rumah untuk Penderita COVID-19 Tanpa Gejala dan Bergejala Ringan

Thursday, 29 July 2021

Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang tidak bergejala atau bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah, dengan catatan tempat isolasi mandiri harus memenuhi syarat. Dilansir dari kompas.com, ruang tempat isolasi harus terpisah dari orang lain. Pasien juga tidak diperbolehkan berada di satu rumah yang sama dengan orang berisiko tinggi tertular COVID-19 seperti lansia, bayi, orang dengan komorbid, dan orang dengan sistem imun rendah. Selain ketersediaan ruang, apa saja yang perlu diperhatikan saat isolasi mandiri? Jika kamu atau keluargamu perlu melakukan isolasi mandiri di rumah, berikut adalah panduan isolasi mandiri di rumah untuk penderita COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan.

  1. Ventilasi dan pencahayaan baik 
  2. Selalu gunakan alat pribadi, baik untuk makan, minum atau mandi
  3. Sebaiknya gunakan kamar mandi terpisah. Jika tidak ada, lakukan disinfekksi rutin pada permukaan yang sering disentuh 
  4. Kamar tidur terpisah
  5. Hindari kontak dengan orang lain, serta tidak bepergian keluar rumah
  6. Lakukan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak
  7. Bersihkan ruangan dengan disinfektan secara berkala 
  8. Pisahkan sampah pribadi milik pasien, ikat plastic sampah dengan rapat sembelum dibuang
  9. Lakukan pemantauan harian gejala seperti cek suhu, kadar oksigen dengan oximeter, tekanan darah dan lainnya. Buat catatan harian agar bisa cepat ditangani jika terjadi perubahan yang membahayakan.
  10. Berkoordinasi dengan Puskesmas setempat, untuk mendapatkan rekomendasi jenis vitamin ataupun obat yang perlu dikonsumsi. Jangan membeli sembarang obat.
  11. Lapor petugas jika muncul gejala atau semakin parah
  12. Orang yang merawat juga mematuhi prokol Kesehatan

Durasi isolasi mandiri untuk pasien tanpa gejala, isolasi mandiri dapat dilakukan selama 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi. Sedangkan pasien dengan gejala ringan, durasinya juga 10 hari tapi ditambah 3 hari yang sudah harus bebas gejala apapun.  Setelah masa isolasi berakhir, pasien perlu melakukan kontrol ke fasilitas Kesehatan, namun tidak wajib melakukan tes swab kecuali ada rekomendasi khusus dari dokter.

Baca Juga: Mengembalikan Energi Setelah Sakit

Itulah panduan isolasi mandiri untuk pasien COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. Agar cepat kembali pulih, beristirahatlah dengan optimal, makan makanan bergizi, lakukan olahraga ringan, dan berjemur di pagi hari sangat dianjurkan. Untuk kamu yang berperan sebagai perawat di rumah, jangan abaikan kesehatanmu juga ya! Konsumsi hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP dengan Formula Baru TOTAL CARE IMUNUP, mengandung Buffered Vitamin C 500mg, Vitamin D3 dan Zinc, untuk menjaga daya tahan tubuh, serta Ginseng Extract, Vitamin B Complex, dan Guaranine untuk menjaga stamina dan kesegaran. Kamu cukup mengonsumsi hemaviton Action TOTAL CARE IMUNUP 1x sehari setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh secara optimal.

Sumber: kompas.com