Imun Tubuh Menurun Akibat Stres? Cegah dengan Beberapa Kebiasaan Baik Berikut Ini

Tuesday, 14 February 2023

Padatnya rutinitas harian, kemacetan jalanan, dan berbagai tantangan dalam kehidupan pribadi seringkali membuat kita menjadi stres, kewalahan, dan memicu emosi yang terkadang sulit untuk dikontrol. Tak hanya mengganggu kesehatan mental, stress yang kita alami juga dapat menurunkan imun tubuh dan memicu gangguan kesehatan, seperti:

  1. Kesulitan tidur atau mimpi buruk dan berkonsentrasi.
  2. Memicu sakit kepala, nyeri tubuh, masalah perut, dan ruam kulit
  3. Memburuknya masalah kesehatan kronis.

Melansir dari University of Maryland Medical System, stres dan sistem imun tubuh memiliki hubungan yang kompleks. Sebab imun tubuh akan tahu kapan kita mengalami stres akibat pekerjaan, keluarga, keuangan, atau karena berbagai hal yang baru saja dialami.

Stres dapat mengurangi jumlah sel pembunuh alami atau limfosit dalam tubuh, yang dibutuhkan untuk melawan virus. Sebab saat seseorang mengalami stres kronis, maka produksi kadar hormon kortisol dalam tubuhnya akan meningkat dan melebihi jumlah normal. Hal ini dapat menghambat respons antiinflamasi tubuh dan menyebabkan infeksi yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, memahami cara-cara yang sehat untuk mengatasinya merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk membantu mengurangi perasaan dan gejala stres.

Baca Juga: Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cara mengatasi stress untuk tingkatkan imun tubuh

Agar imun tubuh kembali meningkat dan keluhan stress dapat menghilang secara perlahan, lakukan beberapa kebiasan baik berikut ini.

  1. Istirahat sejenak dari rutinitas menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk yang ada di media sosial. Sebab beberapa informasi yang kita dapatkan dari media sosial justru dapat membuat kita semakin kesal.
  2. Menerapkan pola makan yang sehat dan mengandung gizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh.
  3. Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Pastikan untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Rutin melakukan olahraga dipercaya mampu meningkatkan mood dan juga imunitas tubuh. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan produksi endorphin atau hormon bahagia dalam tubuh kita.
  4. Istirahat cukup setiap malamnya, yaitu enam hingga delapan jam pada orang dewasa. Hindari begadang untuk bermain games atau scrolling media sosial.
  5. Saat stress terasa sulit dikendalikan, coba tarik napas dalam-dalam, lakukan peregangan, atau meditasi untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.
  6. Bercerita dengan teman atau keluarga untuk meringankan beban pikiran.
  7. Hindari konsumsi alkohol, tembakau, dan penggunaan obat-obatan terlarang.

Setelah melakukan beberapa cara mengatasi stress di atas, bila perlu jaga dan tingkatkan imun tubuh dengan cara mengonsumsi suplemen tambahan yang kaya akan vitamin C, seperti hemaviton C1000 TOTAL CARE untuk mendapatkan beberapa manfaat seperti:

  1. Meningkatkan konsentrasi dan menyegarkan pikiran 
  2. Meningkatkan kualitas tidur
  3. Melancarkan peredaran darah
  4. Membantu sistem metabolisme lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan rutinitas tubuh. 
  5. Memperkuat sel-sel imun dan menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

Formula TOTAL CARE pada hemaviton C1000 terdiri dari Buffered Vitamin C, Vitamin D3 dan Zinc. Kandungan Buffered Vitamin C 1000mg berfungsi menjaga daya tahan dari serangan berbagai virus dan kuman yang menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit.  Buffered vitamin C bersifat lebih tidak asam sehingga lebih nyaman di lambung.

Sedangkan Vitamin D3 dan Zinc bekerja secara sinergis dengan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (kulit), hingga ke tingkat sel. Yuk, lengkapi persediaan hemaviton C1000 TOTAL CARE di rumah dengan membeli produknya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Official melalui marketplace kesayangan sekarang juga!

Artikel Lainnya : Nyeri Pinggang Setelah Bangun Tidur? Segera Atasi dengan Cara Berikut Ini