Nyeri Pinggang Setelah Bangun Tidur? Segera Atasi dengan Cara Berikut Ini

Monday, 06 February 2023

Memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur cukup setiap malam merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memulihkan kondisi fisik dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Sayangnya, tak jarang pada beberapa orang justru mengalami nyeri pinggang dan di beberapa bagian tubuh lain setelah bangun tidur. Jika kebetulan Anda sering mengalaminya, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab nyeri pinggang setelah bangun tidur

Sebelum mengetahui bagaimana cara menyembuhkan sakit pinggang yang seringkali Anda alami setelah bangun tidur, sebaiknya simak dulu beberapa penyebabnya berikut ini.

1. Kualitas kasur yang buruk

Umumnya, rata-rata orang menghabiskan 40 persen hidupnya di atas kasur untuk tidur. Mengingat bahwa waktu yang dihabiskan di atas kasur cukup banyak, maka sangat penting bagi kita untuk memerhatikan kualitas kasur dengan baik. Kriteria kasur berkualitas antara lain harus dapat menopang berat badan dengan kuat dan membuat penggunanya merasa nyaman.

2. Posisi tidur yang salah

Tidur telentang memang merupakan salah satu posisi tidur terbaik, sebab posisi kepala, leher, dan tulang belakang berada dalam satu garis lurus atau sejajar. Namun, sayangnya posisi ini juga ternyata dapat menyebabkan nyeri pinggang dan punggung bagian bawah jika dilakukan secara terus menerus, loh.

3. Obesitas

Berat badan berlebih dapat membuat sendi, otot, tendon, dan ligamen menjadi tegang serta menyebabkan nyeri pinggang setelah bangun tidur.

4. Begadang

Sering merasa pegal setelah begadang semalaman? Sepertinya kebiasaan yang satu ini sudah harus Anda tinggalkan demi menjaga kesehatan tubuh, terutama di bagian otot dan persendian. Pasalnya, begadang bisa menjadi salah satu penyebab badan terasa nyeri ketika bangun tidur. Selain itu, tidur yang cukup juga sangat berpengaruh pada kinerja otak agar tetap segar dan maksimal.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Cara menyembuhkan sakit pinggang setelah bangun tidur

Untuk meredakan nyeri pinggang yang sering dialami setelah bangun tidur, simak beberapa cara berikut ini.

1. Memilih kasur yang tepat dan berkualitas

First thing first, sebaiknya pilih kasur yang tidak terlalu keras atau empuk. Sebab kasur yang sangat empuk dapat membuat pinggul ‘tenggelam’ dan menyebabkan tubuh terasa sakit. Oleh karena itu, pastikan posisi kepala, bahu, bokong, dan tumit dalam satu garis lurus atau sejajar.

2. Perbaiki posisi tidur

Selain tidur dalam posisi telentang, sebaiknya kombinasikan juga dengan tidur miring. Hindari tidur dalam posisi tengkurap, sebab bisa menyebabkan sakit punggung dan leher.

3. Menjaga berat badan

Jika Anda punya berat badan berlebih, pertimbangkan untuk beralih ke diet yang lebih sehat dan memulai program olahraga. Selain membuat tidur menajdi lebih nyenyak, rasa nyeri di tubuh terutama bagian pinggang juga dapat berkurang dan perlahan menghilang.

4. Mencukupi kebutuhan istirahat

Memenuhi waktu tidur Anda setiap harinya, umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama enam hingga delapan jam setiap malamnya agar sel dan jaringan tubuh dapat beregenerasi dengan baik.

5. Luangkan waktu untuk stretching

Luangkan waktu untuk stretching, misalnya dengan melakukan gerakan seperti cobra pose atau memosisikan tubuh seperti ular kobra. Posisi yang satu ini sangat baik untuk mengembalikan bentuk tulang punggung yang membungkuk, menguatkan tulang belakang, pinggang, dan juga mengecilkan perut. Lakukan gerakan ini beberapa kali untuk membuat otot pinggang terasa lebih rileks dan pastikan untuk tidak melewatkan pemanasan, ya!

6. Memenuhi kebutuhan air mineral

Saat tubuh kekurangan cairan, hal ini akan menyebabkan kita merasa kelelahan dan memicu timbulnya rasa nyeri di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah nyeri pinggang. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Dengan begini, rasa nyeri bisa teratasi dan Anda pun bisa terhindar dari dehidrasi.

7. Memijat tubuh

Atasi juga nyeri pinggang yang Anda alami dengan memijat tubuh. Lakukan pijatan ini setidaknya selama satu jam untuk mengurangi peradangan pada otot, mengembalikan kelenturan tubuh, dan juga mengurangi rasa lelah yang muncul setelah melakukan aktivitas yang cukup berat. Pastikan untuk mendapatkan pijatan ini dari ahlinya, ya!

8. Mengonsumsi suplemen tambahan

Suplemen tambahan untuk persendian sangat baik dikonsumsi untuk mendukung kebiasaan baik lainnya yang telah kamu lakukan. Sebagai rekomendasinya, Anda bisa mengonsumsi hemaviton JointCare MAX yang di dalamnya mengandung Improved Joint Support Formula yaitu Glucosamine, Chondroitin, dan MSM  yang  dapat membantu menjaga kesehatan sendi sehingga tidak mudah nyeri. 

Artikel Lainnya: Pentingnya Menjaga Kesehatan Sendi di Usia 40 Tahun ke Atas