Pentingnya Menjaga Kesehatan Sendi di Usia 40 Tahun ke Atas

Tuesday, 24 January 2023

Pada tubuh manusia, kepadatan dan kekuatan sendi dan tulang umumnya akan mencapai puncaknya di usia 30-an dan akan semakin berkurang dengan bertambahnya usia. Usia 40 tahun ke atas merupakan waktu di mana fungsi tubuh sudah mulai mengalami penurunan, mulai dari penurunan hormon, penyusutan massa otot, hingga metabolisme yang melambat sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang lebih cepat dan juga meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Pentingnya menjaga kesehatan sendi dan tulang di usia 40 tahun keatas

Seiring bertambahnya usia, maka semakin menurun pula kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium yang berfungsi untuk menjaga kepadatan sendi dan tulang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sendi dan tulang menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang, terutama bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas agar terhindar dari beberapa risiko kesehatan seperti berikut ini.

  1. Radang sendi atau arthritis akibat persendian dan tulang mengalami penuaan seiring dengan bertambahnya usia, terutama pada wanita yang mendekati masa menopause. Kondisi ini biasanya terjadi karena menurunnya kepadatan tulang, sehingga kinerja sendi dan tulang tak lagi maksimal. Beberapa gejala yang mungkin Anda alami adalah nyeri sendi, pegal, linu, perubahan bentuk tulang, dan masih banyak lagi.
  2. Tendonitis ditandai dengan munculnya rasa nyeri di bagian pergelangan tangan atau kaki saat bergerak dan melakukan aktivitas lainnya. Tendon adalah jaringan ikat tebal yang mengikat otot pada tulang dan berfungsi sebagai katrol yang membantu otot menggerakkan sendi. Tendonitis juga bisa dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, infeksi atau arthritis.
  3. Back pain atau nyeri punggung biasanya terjadi akibat tulang belakang yang digunakan menopang tubuh untuk duduk, berdiri dan berjalan selama bertahun-tahun, pada akhirnya mengalami penurunan dan membuat tulang merasa “kelelahan”. Saat ini terjadi, tak heran jika Anda akan lebih mudah dan sering mengalaminya seiring dengan pertambahan usia.

Baca Juga: Cara Merawat Tulang dan Sendi yang Pernah Mengalami Cedera

Cara mencegah terjadinya gangguan kesehatan sendi di usia kepala empat

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk sendi dan tulang, melakukan aktivitas fisik juga bisa menjadi salah satu solusinya. Tak boleh sembarangan, sebaiknya pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh dan bisa Anda lakukan secara rutin setiap minggunya. Sebagai pilihannya, berikut ini beberapa rekomendasi jenis olahraga yang bisa Anda lakukan sebagai cara menjaga kesehatan tulang dan sendi yang bisa Anda praktikkan di rumah.

  1. Jogging setiap pagi maupun sore hari, setidaknya selama 30 menit dan sesuaikan kecepatan berlarinya dengan kemampuan fisik Anda.
  2. Yoga yang berguna untuk meregangkan otot tubuh, melatih keseimbangan, dan melatih kekuatan tulang terutama di bagian tulang belakang.
  3. Jalan kaki selama 30 menit sehari untuk menguatkan dan mengencangkan otot paha serta betis. Tak hanya itu saja, manfaat lain yang bisa didapatkan dengan berjalan kaki secara rutin adalah mampu memperlancar aliran darah, membantu menyeimbangkan hormone tubuh, dan juga meredakan nyeri otot sendi lutut yang sering dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas.
  4. Bersepeda santai secara rutin dengan kecepatan dan jarak yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Fungsinya adalah untuk melumasi sendi, mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi, mengontrol berat badan, serta melatih kekuatan otot paha, panggul, dan lutut.
  5. Senam aerobic yang berfungsi untuk merangsang denyut jantung, mengaktifkan otot jantung, serta membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Agar Tetap Produktif, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Kebiasaan Hidup Sehat Berikut Ini!

Selain dengan melakukan beberapa jenis olahraga di atas, cara menjaga kesehatan sendi dan tulang lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi suplemen tambahan untuk tulang dan sendi, seperti hemaviton JointCare MAX. Dilengkapi dengan kandungan Joint Support Formula yang terdiri dari Glucosamine, Chondroitin, dan MSM di dalamnya. hemaviton JointCare MAX siap membantu Anda dalam menjaga kesehatan sendi agar terbebas dari nyeri sendi di usia 40-an.

Artikel Lainnya: Kasus COVID Kembali Meningkat, Simak Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh Berikut Ini!