Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi: Batasi Konsumsi Beberapa Jenis Daging Berikut Ini!

Friday, 09 June 2023

Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat, terutama konsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan kolesterol. Dalam hal ini, jenis daging yang dikonsumsi juga memiliki peran penting. Ternyata, Anda bisa menurun kan kolesterol tinggi dengan membatasi beberapa jenis daging berikut ini!

 

1. Daging Merah

Daging merah, seperti daging sapi, daging babi, dan daging kambing, mengandung lemak jenuh yang tinggi dan kolesterol. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi daging merah atau memilih potongan daging yang lebih rendah lemak dapat membantu menurunkan risiko kolesterol tinggi. Lebih baik memilih sumber protein lain seperti ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

 

2. Daging Olahan

Daging olahan, seperti sosis, ham, dan daging asap, sering kali mengandung banyak lemak jenuh, garam, dan bahan tambahan lain yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi serta masalah kesehatan lainnya. Makanan olahan juga cenderung mengandung lebih sedikit serat, yang berperan dalam mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Mengurangi konsumsi daging olahan dan memilih daging segar adalah pilihan yang lebih baik untuk kesehatan jantung.

 

Baca Juga: Doyan Makan Daging? Khasiat hemaviton Cardio ini Wajib Kamu Simak!

 

3. Kulit Ayam dan Ayam Goreng

Meskipun ayam dianggap sebagai sumber protein yang lebih sehat dibandingkan daging merah, mengonsumsi kulit ayam atau ayam goreng dapat tetap meningkatkan asupan lemak jenuh dan kolesterol. Lebih baik memilih ayam tanpa kulit atau metode memasak yang lebih sehat, seperti merebus atau memanggang tanpa lemak tambahan. Potongan daging ayam bagian dada juga lebih kaya protein dan rendah lemak jika dibandingkan bagian paha atau sayap.

 

4. Daging dengan Lapisan Lemak Terlihat

Potongan daging dengan lapisan lemak terlihat memiliki kandungan lemak jenuh lebih tinggi. Mengurangi konsumsi bagian daging yang memiliki lapisan lemak dapat membantu mengontrol asupan lemak jenuh dan kolesterol. Pilihlah potongan daging yang lebih rendah lemak dan hilangkan lemak yang terlihat sebelum memasak. Misalnya Anda saat memasa soto atau sup, rebus dulu daging dalam air mendidih. Setelahnya matikan api dan tunggu hingga lapisan lemak terangkat. Buang lemak dan air rebusan pertama, lalu ganti air rebusan untuk melanjutkan memasak.

 

Menurunkan kolesterol tinggi merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Tetaplah menjaga pola makan seimbang dan gaya hidup sehat dan aktif guna mencapai dan mempertahankan tingkat kolesterol yang sehat. Sebaiknya, berkonsultasilah dengan ahli gizi atau profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda.

 

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi hemaviton Cardio, suplemen kesehatan untuk bantu mencegah dan mengurangi kolesterol. Pertama di Indonesia dengan Phytosterol, bahan alami yang dapat melakukan pencegahan dini sebelum kolesterol masuk ke dalam darah serta Vitamin dan Mineral kaya antioksidan untuk memelihara kesehatan tubuh. Minum 3 x sehari 1 kaplet pada saat makan atau setelah makan agar bantu mengurangi kolesterol.

 

Artikel Lainnya: Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Polusi Udara Tinggi