Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Sebelum Mudik Lebaran

Wednesday, 22 March 2023

Meski menyenangkan, perjalanan mudik ke kampung halaman tentu akan sangat menyita waktu dan tenaga. Oleh karena itu, butuh persiapan khusus untuk menjaga daya tahan tubuh agar dapat menempuh perjalanan dengan kondisi tubuh yang fit dan segar. Nah, jika dalam waktu dekat kamu akan mudik apalagi menggunakan kendaraan pribadi, simak dulu beberapa cara menjaga daya tahan tubuh yang wajib kamu lakukan berikut ini!

 

1. Menerapkan pola hidup sehat

Cara menjaga daya tahan tubuh yang harus kamu lakukan adalah dengan mulai berolahraga di tengah padatnya aktivitas kerja, terutama saat bulan puasa. Tak perlu bingung, kamu bisa melakukan olahraga ringan dengan berjalan kaki selama 45 menit setiap harinya, baik di pagi hari sembari berangkat kerja, atau malam hari sepulang beraktivitas.

Sedangkan saat akhir pekan kamu bisa mencoba beragam olahraga menyenangkan lainnya, seperti jogging, berenang, atau bersepeda. Tak hanya ampuh untuk membakar kalori tubuh, olahraga secara teratur juga terbukti bisa menjaga kesehatan kulit tubuh agar tetap kencang, kenyal, dan awet muda. Namun, pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan mengingat kamu sedang berpuasa, ya.

                                                               

2. Mempertimbangkan porsi makan

Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan porsi makan dengan kebutuhan kalori dan nutrisi dalam tubuh, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Untuk memastikan apakah jumlah asupan kalori makanan sudah sesuai, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi kesehatan atau dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Makan dalam porsi kecil namun sering
  • Makan tepat waktu
  • Mengganti camilan dengan sayur atau buah
  • Rutin minum air putih minimal 2 liter setiap harinya
  • Mengurangi porsi nasi dan perbanyak sayur serta sumber protein dalam satu piring
  • Mengurangi konsumsi makanan berminyak
  • Mengurangi makanan yang terbuat dari tepung
  • Membawa bekal makan dar rumah
  • Menghindari makanan cepat saji

 

Baca Juga: Tidak Mudik Tahun ini? Berikut 4 Ide Rayakan Idul Fitri di dalam Kota

 

3. Membatasi konsumsi makanan tinggi gula

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan gulanya, seperti boba, es kopi susu, cokelat, dessert, martabak, atau makanan serta minuman manis lainnya, terutama saat berbuka puasa. Melansir dari Kumparan.com, tak hanya menyebabkan kerusakan sel-sel dalam sistem imun tubuh dalam melawan bakteri, mengonsumsi gula berlebihan juga bisa memicu peradangan tingkat rendah dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit kronis, seperti kardiovaskuler dan diabetes.  

 

4. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi, cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen tambahan, terutama yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Selain menjaga daya tahan tubuh, beberapa manfaat vitamin C bagi tubuh antara lain:

  • Meningkatkan konsentrasi dan menyegarkan pikiran. Dalam hal ini, vitamin C berperan untuk menjaga jaringan pada otak sehingga pikiranmu tetap segar sepanjang hari, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan menyenangkan.
  • Melancarkan peredaran darah, sebab kandungan pada vitamin C dapat mengurangi stres oksidatif dan mencegah disfungsi vaskular yang disebabkan oleh beban glukosa. Dengan begini, distribusi oksigen ke seluruh tubuh juga menjadi lebih lancar, deh.
  • Menjaga kondisi tubuh setelah berolahraga. Saat distribusi oksigen menjadi lebih lancar, maka risiko sesak napas saat berolahraga semakin kecil. Tak hanya itu saja, saat kebutuhan oksigen dalam tubuh terpenuhi dengan baik juga mampu mencegah terjadinya sakit kepala setelah berolahraga, loh!
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Minum vitamin C sebelum berolahraga bisa menjadi soulsi untuk melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari saat kita berolahraga di luar ruangan. Hal ini karena vitamin C berperan sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas, seperti kerusakan sel dan jaringan kulit yang menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit.

 

Sebagai rekomendasinya, kamu bisa minum hemaviton C1000 TOTAL CARE. Dengan kandungan Formula TOTAL CARE dari Buffered Vitamin C 1000 mg, D3 dan Zinc di dalamnya, hemaviton C1000 TOTAL CARE bekerja secara sinergis meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (pertahanan lapis pertama), hingga ke tingkat seluler (pertahanan lapis ke-3).

 

Tak perlu khawatir, kandungan Buffered Vitamin C di dalamnya lebih tidak asam sehingga nyaman di lambung. Bahkan, kini tersedia hemaviton C1000 TOTAL CARE Less Sugar yang lebih rendah gula dan rendah kalori, sehingga cocok untuk kamu yang sedang mengurangi asupan gula dalam tubuh.

 

Yuk, jaga daya tahan tubuh kamu dengan minum hemaviton C1000 TOTAL CARE secara rutin dengan cara membelinya langsung di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, atau atau di Tempo Store Offical melalui marketplace favorit.

 

Artikel Lainnya: Benarkah Minuman Manis Dapat Membuat Daya Tahan Tubuh Menurun?

Related Article