Bagaimana Memilih Vitamin C yang Aman untuk Lambung?

Tuesday, 24 August 2021

Kamu pasti tahu bahwa Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya di masa pandemi ini, vitamin C sangat berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Namun, bagi kamu yang memiliki kondisi lambung sensitif, mengonsumsi vitamin C seringkali menimbulkan dilemma, karena zat asam di dalamnya kerap menimbulkan reaksi tak nyaman di lambung. Padahal kebutuhan harian vitamin C harus tetap terpenuhi. Nah, berikut ini adalah tips memilih vitamin C yang aman untuk lambung.

1. Perhatikan jenisnya

Vitamin C datang dalam bentuk murni atau terikat pada mineral untuk menciptakan bentuk “askorbat”. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, berikut penjelasan selengkapnya, seperti yang telah dilansir oleh situs Good Doctor melalui Chicago Tribune.

Asam askorbat (Abscorbic Acid)

Asam askorbat adalah vitamin C dalam bentuk paling murni. Ini mudah untuk diserap oleh tubuh melalui aliran darah.

Sodium askorbat (Sodium Abscorbate)

Sodiom askorbat adalah jenis asam askorbat yang terikat pada molekul sodium sehingga dapat meminimalkan keasaman. Perlu diketahui bahwa bentuk sodium askorbat dari vitamin C dapat meningkatkan kadar sodium (natrium) di dalam tubuh. Oleh karenanya, pastikan selalu memeriksa sumber natrium lainnya saat kamu mengonsumsi suplemen jenis ini ya.

Kalsium askorbat

Jenis vitamin C ini, mengikat asam askorbat ke kalsium, yang mana ini juga dapat menetralkan keasaman. Kalsium askorbat sangat ideal bagi mereka yang memiliki perut ekstra sensitif, atau tidak dapat mentolerir bentuk vitamin C lain.

Askorbat mineral lainnya

Kamu juga mungkin saja melihat asam askorbat terikat pada mineral tambahan lainnya dalam suplemen, misalnya saja magnesium, kromium, zinc, atau bahkan mangan. Ketika kamu memilih bentuk askorbat mineral (termasuk sodium dan kalsium). Kamu juga harus memerhatikan berapa banyak mineral yang kamu konsumsi ya sehingga jumlahnya tidak melebihi asupan harian yang disarankan untuk konsumsi mineral tersebut.

Baca Juga: Kegunaan Vitamin C, Vitamin D3, dan Zinc bagi Imun Tubuh

2. Perhatikan dosisnya

Memilih vitamin C yang aman untuk lambung juga harus memerhatikan dosisnya. Batas atas asupan vitamin C untuk pria dan wanita yang berusia 19 tahun ke atas adalah 2.000 mg sehari. Namun umumnya dosis 1000mg sudah mencukupi kebutuhan sebagian besar orang kecuali ada kondisi medis tertentu yang mengharuskan konsumsi vitamin C dalam dosis yang lebih tinggi. Hal tersebut dapat diketahui dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dulu.

Jika kamu memiliki masalah lambung sensitif, kamu bisa memilih hemaviton C1000 sebagai suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. hemaviton C1000 dengan kandungan vitamin C 1000mg di dalamnya berfungsi menjaga daya tahan dari serangan berbagai virus dan kuman yang menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit. Selain mengandung vitamin C, Formula Total Care juga mengandung Vitamin D3 dan Zinc, yang bekerja secara sinergis dengan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan di seluruh lini pertahanan tubuh, mulai dari lapisan terluar (kulit), hingga ke tingkat sel.

Lebih baik lagi, Formula Buffered Vitamin C dalam hemaviton C1000 merupakan vitamin C dengan kombinasi seimbang antara abscorbic acid dan sodium abscorbate yang bermanfaat untuk menurunkan pH/tingkat keasaman, sehingga akan terasa lebih nyaman di lambung. 

Tersedia juga pilihan varian hemaviton C1000 less sugar untuk kamu yang concern terhadap asupan gula ke tubuh, lebih rendah gula, rendah kalori.

Dapatkan segera produknya dalam kemasan kaleng, botol, maupun serbuk dengan melakukan pembelian di Indomaret, Alfamart & Alfamidi atau melalui marketplace kesayanganmu.

Baca Juga: 5 Sumber Vitamin C yang Segar Dikonsumsi

Sebagian sumber: gooddoctor.co.id