Tips Menjaga Kadar Kolesterol Normal Bagi Kamu yang Hobi Wisata Kuliner

Thursday, 31 January 2019

Wisata kuliner? Siapa sih yang nggak suka? Menikmati aneka makanan lezat memang bisa bikin semua orang bahagia. Namun nggak selamanya makanan enak itu sehat. Bahkan banyak makanan lezat yang ternyata memiliki kolesterol tinggi, apalagi setelah melalui proses pemasakan. Meski demikian, tidak berarti kamu harus pantang makan enak dan menghentikan hobi wisata kuliner. Intinya adalah bagaimana kamu bisa menjaga kadar koleterol tetap di batas normal sehingga risiko penyakit bisa ditekan.

Bagi kamu yang belum tahu, dilansir dari hellosehat.com, kadar kolesterol aman untuk orang dewasa adalah sebagai berikut:

  • Kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih.
  • Kadar kolesterol LDL yang baik dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan Anda bila kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih.
  • Kadar kolesterol HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah bila kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
  • Kadar trigliserida yang baik dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Nah, berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Olahraga

Bagi kamu yang masih malas untuk olahraga, segeralah berubah. Saran dari para ahli, olahraga selama 40 sampai 60 menit per hari cukup efektif mengurangi kolesterol jahat sekitar 5-10 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6 persen. Mulai saja dulu dari jenis olahraga yang mudah dan kamu sukai supaya lebih bersemangat!

Berhenti merokok

Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Tembakau dalam rokok dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Selain itu, rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik di waktu bersamaan.

Hindari alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat membuat tubuh menyimpan lemak lebih banyak. Ukuran pinggang juga akan melebar (belly beer) sehingga secara tidak langsung meningkatkan kadar kolesterol.

Turunkan Berat Badan

Jaga berat badan Anda dalam kisaran normal. Kelebihan berat badan cenderung dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda dan juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Makan makanan sehat

Selama kadar kolesterol Anda masih dalam batas normal, tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan apapun. Hanya saja, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan harian buah, sayur, dan juga air putih. Anda bisa menjadikan buah-buahan sebagai camilan atau pengganti makan malam Anda. Anda juga bisa konsumsi rutin suplemen hemaviton Cardio sebelum, saat makan atau sesaat sesudah makan. Kandungan Phytosterol di dalamnya dapat memblok kolesterol jahat dari makanan agar tidak terserap ke dalam darah. Dilengkapi juga dengan Vitamin dan Mineral antioksidan penting untuk menghambat penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah sehingga menurunkan kolesterol dalam darah.

Related Article

WELLNESS

Jangan Anggap Remeh, Ini Dia Penyebab Kolesterol Tinggi yang Tanpa Disadari Kamu Lakukan Berulangkali

Tak selamanya jahat, kolesterol merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang diproduksi oleh hati...

SELENGKAPNYA