Penyebab Nyeri Sendi Setelah Beraktivitas dan Cara Mengatasinya

Sunday, 23 June 2019

Mungkin banyak diantara Anda yang seringkali mengalami keluhan nyeri sendi di beberapa bagian tubuh, seperti tangan, kaki, pinggang, dan pinggul setelah beraktivitas, namun terlalu malas untuk mencari tahu penyebabnya. Pemikiran seperti “Ah, nanti juga sembuh sendiri..” inilah yang terkadang justru membuat nyeri sendi menjadi semakin parah karena tidak ditangani lebih lanjut. Oleh sebab itu, yuk kenali beberapa penyebab nyeri sendi setelah beraktivitas dan cara mengatasinya

  1. Melakukan Aktivitas yang Sama dan Berulang

Melakukan aktivitas tertentu dalam waktu yang lama dan berulang bisa menjadi salah satu pemicu munculnya nyeri sendi, contohnya saat duduk dan bekerja di depan komputer sepanjang hari, berkendara, atau menggendong anak. Meski terbilang bukan pekerjaan berat, namun secara tidak sadar aktivitas ini memberikan beban untuk bagian tubuh tertentu, yang jika dilakukan secara terus-menerus bisa mengakibatkan nyeri pada pinggang, punggung, tangan, atau bagian tubuh lain yang tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Sebagai bentuk pencegahannya, ada baiknya untuk meluangkan waktu di sela kegiatan Anda untuk melakukan peregangan pada persendian.

  1. Penumpukan Asam Urat

Penyebab selanjutnya adalah adanya penumpukan asam urat di beberapa bagian sendi tertentu. Kondisi inilah yang dinamakan dengan peradangan sendi atau Gout Arthritis yang seringkali menyerang jari tangan atau kaki, pergelangan kaki, dan lutut yang terjadi secara tiba-tiba. Penumpukan asam urat ini bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin (ampela, usus, hati, paru), daging merah, seafood, minuman manis, alkohol,  atau konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Cedera

Cedera juga merupakan salah satu pemicu munculnya kerusakan pada persendian, dan biasanya diderita oleh mereka yang gemar melakukan olahraga berat. Jika Anda pernah mengalami cedera pada bagian tubuh tertentu, ada baiknya untuk memberikan penanganan yang lebih lanjut pada ahlinya dan memastikan bahwa persendian sudah benar-benar dapat berfungsi seperti sedia kala.

  1. Kelebihan Berat Badan

Saat seseorang memiliki berat badan yang berlebih, maka persendian di bagian kaki memiliki tanggungjawab yang cukup besar dalam menopang beban tubuh. Semakin berat beban tubuh seseorang, maka akan semakin sulit sendi berfungsi dengan baik. Inilah alasa mengapa menjaga berat badan menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan.
 

Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri sendi?

  • Mengatur pola makan

Seiring dengan bertambahnya usia, maka Anda harus semakin cermat dalam memperhatikan apa saja asupan yang masuk ke dalam tubuh. Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi adalah dengan menjaga pola makan, misalnya dengan mengurangi porsi makan, mengurangi konsumsi jeroan, makanan laut, dan juga minuman beralkohol. Selain bisa membantu mengurangi berat badan, hal ini juga bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan asam urat yang merupakan penyebab munculnya nyeri sendi pada seseorang.

  • Olahraga teratur

Langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, yaitu memulai kebiasaan berolahraga. Memang akan sedikit lebih sulit untuk menemukan jenis olahraga yang tepat bagi penderita nyeri sendi, terutama mereka yang memiliki berat badan berlebih. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan adalah berenang, jalan santai, yoga, dan pilates. Selain bisa membantu membakar kalori dalam tubuh, olahraga juga sangat ampuh untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

  • Minum suplemen tambahan

Saat nyeri sendi datang secara tiba-tiba, maka hal yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan mengistirahatkan bagian yang terasa nyeri dan memberikan pijatan ringan secara berulang. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengonsumsi suplemen tambahan seperti hemaviton JointCare MAX. hemaviton Joint Care MAX mengandung Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM di dalamnya mampu membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian sehingga Anda bisa kembali melakukan aktivitas dengan lebih nyaman.

Sendi sehat berkat hemaviton JointCare MAX,  Anda pun siap untuk kembali bergerak!