6 Cara Mengurangi Nyeri Sendi Saat Perjalanan Mudik

Friday, 31 May 2019

Melakukan perjalanan jauh saat mudik, baik mereka yang berada di belakang kemudi maupun penumpang pastinya akan menghabiskan banyak waktunya dengan duduk dalam waktu yang lama. Aktivitas inilah yang akhirnya menjadi pemicu munculnya nyeri sendi, terutama pada bagian panggul, lutut, dan kaki. Namun, jangan sampai nyeri sendi ini menjadi penghalang untuk bertemu dengan keluarga tercinta, ya. Oleh karena itu, simak beberapa cara sederhana mengurangi nyeri sendi saat perjalanan mudik berikut ini.

Berkendara secara bergantian

Berkendara jarak  jauh merupakan salah satu pemicu timbulnya nyeri sendi, terutama pada bagian kaki dan panggul. Jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi (motor atau mobil) saat mudik lebaran, pastikan bahwa Anda mengajak keluarga atau saudara. Tujuannya adalah agar bisa bergantian untuk mengemudikannya. Hal ini cukup membantu jika salah satu diantara kalian merasa kelelahan atau mengalami nyeri sendi.

Istirahat secara berkala

Cara mengurangi nyeri sendi saat perjalanan mudik selanjutnya adalah dengan mengatur waktu istirahat secara berkala. Anda bisa mengaturnya berdasarkan lama waktu atau jarak yang ditempuh. Misalnya istirahat setelah menempuh perjalanan sejauh 50 kilometer, atau bisa juga beristirahat setiap tiga jam sekali. Manfaatkan waktu istirahat ini dengan berbagai kegiatan seperti makan, tidur, atau olahraga kecil yang tujuannya untuk melemaskan otot yang tegang. Intinya, jangan memaksakan diri sendiri.  Jika merasa sudah lelah, ada baiknya untuk segera mencari tempat untuk beristirahat. Tenang, Anda bisa menemukannya dengan mudah, karena pasti Anda akan menjumpainya di sepanjang jalur mudik.

Mengompres dengan air dingin

Saat nyeri sendi mulai terasa, cari tempat istirahat atau warung yang menyediakan air dingin atau es batu. Dari sini Anda bisa mengompres bagian tubuh yang nyeri menggunakan kain bersih yang sudah direndam dalam air dingin, atau membalut es batu dengan kain untuk mengompres. Atau jika tidak ada kain Anda bisa memasukkan es batu ke dalam plastik, kemudian mengompreskannya pada bagian yang nyeri. Sensasi dingin inilah yang akan mengalihkan rasa nyeri, membuat otot kembali rileks, dan mengurangi pembengkakan ada persendian yang mengalami nyeri.

Menempatkan bagian yang nyeri lebih tinggi

Cara mengatasi nyeri sendi selanjutnya adalah dengan menempatkan bagian yang nyeri lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya. Misalnya saat kaki atau lulut terasa nyeri, coba ganjal dengan menggunakan bantal atau tas. Baru setelah itu Anda bisa melakukan penekanan pada bagian yang nyeri dengan melilitkan kain (akan lebih baik jika menggunakan perban elastis), namun jangan terlalu ketat agar peredaran darah tetap lancar.

Melakukan pijatan ringan

Cara mudah lainnya adalah dengan melakukan pijatan ringan di persendian yang terasa nyeri. Misalnya saja saat paha terasa nyeri, Anda bisa mengepalkan tangan dan memukulkannya ke paha bagian atas, tengah, dan bawah secara perlahan sebanyak 10 kali. Lakukan gerakan ini dalam posisi duduk dan meluruskan kedua kaki, ya.

Lutut terasa nyeri? Coba ketukkan empat jari tangan (kecuali ibu jari) pada bagian tempurung lutut dari atas ke bawah secara perlahan. Cara ini bisa membantu mengurangi nyeri sendi pada lutut Anda, lho.

Lutut dan paha nyeri? Anda bisa melakukan pemijatan untuk dua bagian ini secara langsung dengan cara meletakkan kedua telapak tangan di atas paha, kemudian lakukan gerakan memijat dari paha hingga lutut dengan memberikan sedikit tekanan di setiap pijatannya.

Minum suplemen tambahan

Selain olahraga dan makan makanan bergizi, hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri sendi adalah dengan minum suplemen tambahan seperti hemaviton JointCare MAX. Suplemen halal untuk persendian dengan Joint Support Formula yang terdiri dari kombinasi baru Omega 3, Glucosamine, Chondroitin dan MSM yang mampu mengurangi rasa nyeri sendi pada lutut dan persendian lainnya, sehingga Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan mudik untuk bertemu dengan keluarga tercinta di rumah.

Selalu jaga kesehatan tubuh dan persendian dengan hemaviton JointCare MAX selama mudik dan semoga selamat sampai tujuan, ya!