Jangan Skip Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Yang Satu ini!

Tuesday, 23 January 2024

Menjaga daya tahan tubuh adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Kebiasaan ini melibatkan gaya hidup sehat secara umum, termasuk pola makan yang baik, olahraga teratur, cukup istirahat, dan manajemen stres. 


Manfaat menjaga daya tahan tubuh

Beberapa manfaat yang diperoleh dari menjaga daya tahan tubuh antara lain:

  1. Mencegah penyakit menular, seperti flu, pilek, dan infeksi lainnya. Tubuh yang kuat lebih mampu melawan patogen dan menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam tubuh.
  2. Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat merespons lebih cepat terhadap invasi patogen. Ini memungkinkan tubuh untuk mengatasi infeksi lebih efisien dan mencegah perkembangan penyakit yang lebih serius.
  3. Jika tubuh memiliki daya tahan yang baik, proses penyembuhan dan pemulihan dari penyakit atau cedera dapat berlangsung lebih cepat. Ini termasuk pemulihan dari operasi atau perawatan medis.
  4. Daya tahan tubuh yang optimal dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Sistem kekebalan yang kuat dapat memberikan perlindungan terhadap sel abnormal dan pertumbuhan tidak normal.
  5. Daya tahan tubuh yang baik membantu mengoptimalkan fungsi berbagai sistem tubuh, termasuk sistem pencernaan, pernapasan, dan sirkulasi darah. Ini dapat mendukung kesehatan organ-organ tubuh.

Baca Juga: Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Padatnya Pekerjaan Kantor


Cara menjaga daya tahan tubuh

Untuk dapat merasakan beberapa manfaat di atas, simak cara menjaga daya tahan tubuh berikut ini. 

  1. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk buah-buahan, sayuran, sumber protein sehat, biji-bijian, dan lemak sehat. Pastikan mendapatkan cukup vitamin dan mineral
  2. Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk memulihkan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam.
  3. Melibatkan diri dalam aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat jantung, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pilih aktivitas yang Anda nikmati.
  4. Stres dapat melemahkan daya tahan tubuh. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas yang menyenangkan untuk membantu relaksasi.
  5. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari. Cairan membantu menjaga kelembaban sel-sel tubuh dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.
  6. Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hindari atau kurangi kebiasaan ini untuk mendukung kesehatan.
  7. Menjaga berat badan yang sehat berkontribusi pada fungsi tubuh yang optimal dan daya tahan yang baik terhadap penyakit. 
  8. Batasi konsumsi gula tambahan dan lemak jenuh, karena konsumsi berlebihan dapat merusak kesehatan dan daya tahan tubuh.

Selain beberapa hal di atas, masih ada satu cara menjaga daya tahan tubuh yang masih sering dilupakan oleh banyak orang, yaitu mengonsumsi suplemen tambahan. Termasuk di dalamnya adalah suplemen vitamin C yang umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh terutama jika asupan melalui makanan tidak mencukupi. Beberapa manfaat suplemen vitamin C tambahan antara lain:

  • Vitamin C dikenal memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Ini membantu produksi dan aktivasi sel-sel kekebalan, seperti limfosit dan fagosit, yang berperan dalam melawan infeksi.
  • Vitamin C penting untuk sintesis kolagen, protein struktural utama dalam tubuh. Kolagen diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan struktur jaringan, seperti kulit, tulang, pembuluh darah, dan gigi.
  • Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dari makanan nabati. Dengan mengonsumsi vitamin C bersama dengan makanan yang mengandung zat besi, dapat membantu mencegah atau mengatasi anemia defisiensi zat besi.

Dukung juga cara menjaga daya tahan tubuh kamu dengan memulai kebiasaan baik dengan minum suplemen tambahan seperti hemaviton C1000 Total Care yang hadir dalam pilihan rasa lemon dan orange dengan kandungan Buffered Vitamin C 1000 mg sehingga bersifat lebih tidak asam sehingga lebih nyaman untuk lambung. 

Vitamin C 1000 mg di dalam hemaviton C1000 Total Care  memegang peranan penting untuk memelihara daya tahan tubuh dari serangan kuman atau virus serta radikal bebas sehingga tidak mudah jatuh sakit. Tersedia juga hemaviton C1000 Total Care Less Sugar, dengan pemanis alami STEVIA dan kandungan gula yang lebih rendah sehingga lebih rendah kalori. Tersedia juga hemaviton C1000 serbuk yang praktis dan ekonomis, mengandung vitamin C 1000 mg, zinc, dan multivitamin efektif jaga daya tahan tubuh.
 

Artikel Lainnya: Wajib Disimak, Berikut Cara Jaga Daya Tahan Tubuh agar Selalu Fit