5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Mendaki Gunung

Monday, 04 March 2019

Memiliki kesempatan untuk mendaki gunung adalah hal yang menyenangkan, karena di momen inilah kamu bisa menikmati keindahan alam dan udara segar yang bisa bikin pikiran kembali segar. Tapi, berhubung mendaki gunung bukanlah kegiatan yang mudah, butuh persiapan khusus sebelum melakukannya, terutama dalam menyiapkan fisik yang memadai. Oleh karena itu, agar tetap sehat dan bersemangat, yuk simak beberapa cara menjaga daya tahan tubuh saat mendaki gunung berikut ini.

Latihan fisik satu bulan sebelumnya

Mengingat kalau cuaca di gunung cukup susah untuk diprediksi, maka hal utama yang harus kamu lakukan sebelum mendaki adalah mempersiapkan kekuatan fisik. Tujuannya adalah agar mampu melewati medan yang menantang sambil membawa beban yang cukup berat dalam berbagai situasi dan kondisi. Caranya adalah dengan latihan fisik kurang lebih satu bulan sebelumnya. Misalnya dengan olahraga lari dan latihan kardio selama satu jam setiap harinya secara rutin. Meski akan terasa berat di awal, namun percayalah kalau kamu akan terbiasa dan akan membuatmu menjadi tidak mudah lelah saat mendaki gunung.

Memenuhi kebutuhan tidur

Selain latihan fisik, penting juga untuk memenuhi kebutuhan jam tidur (7-8 jam) setiap malamnya. Selain bisa membuatmu lebih segar keesokan harinya, memiliki jam tidur yang baik juga mampu membantumu dalam menjaga daya tahan tubuh, terutama menjelang waktu pendakian.

Pakai baju yang nyaman dan aman

Memakai baju yang nyaman dan aman juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh saat mendaki gunung. Usahakan untuk mengenakan baju yang menyerap keringat, ringan, dan mampu melindungimu dari terpaan sinar matahari atau binatang seperti ular dan lintah. Siapkan juga jaket dan jas hujan di tempat yang terjangkau (bagian paling atas atau paling luar) tas gunung kamu untuk berjaga-jaga saat udara mulai dingin atau saat hujan turun.

Selalu sedia energy bar

Hampir semua pendaki pasti menyiapkan camilan berupa energy bar atau cokelat dalam tas mereka saat mendaki gunung. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika dalam perjalanan mendaki nantinya mereka merasa lapar dan butuh asupan energi tambahan. It works!

Minum suplemen tambahan

Last but not least, kamu juga bisa mengonsumsi bahkan membawa suplemen tambahan seperti hemaviton Action saat mendaki gunung. Kombinasi Ginseng Extract, Creatine, Multivitamin dan Mineral dari hemaviton Action mampu membantu meningkatkan stamina dan kesegaran tubuh, membuatmu tidak mudah lelah, dan menjaga daya tahan tubuh sehingga mampu menyelesaikan proses pendakian dengan semangat dan percaya diri.

Nah, saat daya tahan tubuh terjaga dengan baik, maka pendakian gunung pun bisa berjalan dengan menyenangkan dan tak akan terlupakan. So, jangan lupa konsumsi 1 butir hemaviton Action untuk bikin kondisi badan kamu fit sepanjang hari, ya!