Tips Menjadi Project Manager yang Baik

Tuesday, 17 October 2017

Kalau kamu baru diterima kerja sebagai project manager, maka kamu patut bangga! Pekerjaan ini terbilang cukup penting dan menyenangkan lho. Kamu bisa berhubungan dengan banyak orang (dan bertemu dengan orang baru!) yang bikin pekerjaan ini jadi terasa nggak ngebosenin. Namun untuk jadi seorang  ‘ahli’ di bidang ini, coba kamu ikuti tips berikut ini!

Jadi pendengar yang baik
Pertama-tama kamu harus berusaha jadi pendengar yang baik. Hanya dengan menjadi pendengar yang baik maka kamu bisa belajar banyak hal penting. Mulai dari kekuatan rekan satu tim hingga karakteristik serta keinginan klien. Dekatkan dirimu dengan rekan-rekan satu tim dan klien, cobalah melihat permasalahan dari perspektif mereka. Kamu akan bisa membangun hubungan yang baik dengan semua pihak.

Memberi solusi
Ingatlah bahwa kamu berperan sebagai pihak yang menjembatani para pihak yang terlibat dalam proyek (tim dan klien). Setelah memahami kebutuhan dan harapan mereka, kamu jadi bisa mempertemukan ekspektasi klien dengan kamampuan tim. Kamu bisa memberikan solusi dari berbagai permasalahan dan tuntutan yang muncul pada saat pengerjaan proyek.

Anggota tim yang efektif
Berada di posisi ‘tengah’ antara klien dan tim, memang tidak mudah. Kamu harus tahu cara mengoptimalkan kemampuan kerja para anggota tim dan merespon segala sesuatu dengan cepat. Cobalah untuk bersikap terbuka. Komunikasikan semua arahan dari klien dengan jelas dan jujurlah saat ada kendala yang harus diselesaikan dengan segera. Jangan sampai kamu jadi terkesan tidak siap hanya karena masalah komunikasi. Perhatikan juga timeline pengerjaan proyek dan ingatkan kepada anggota tim kamu ya!

Membaca situasi
Cobalah untuk selalu bisa membaca situasi. Kemampuan ini adalah hal yang bisa kamu pelajari melalui proses yang panjang. Namun hal tersebut sangat berguna untuk pekerjaan ini, khususnya saat menghadapi klien. Jadilah orang yang fleksibel untuk mempermudah dirimu sendiri. Orang yang pandai membaca situasi pasti bisa ‘merangkul’ orang di sekelilingnya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

Punya kepribadian baik
Salah satu sifat yang sering muncul saat mendalami profesi ini adalah sifat diktator. Kamu terbiasa menyuruh, bahkan mendikte orang lain. Coba deh jadi orang yang lebih santai, jujur, dan punya selera humor saat menghadapi rekan satu tim kamu. Kepribadianmu yang baik akan membuat orang lain senang bekerja sama denganmu.

Makin seru pekerjaanmu biasanya juga semakin menyedot waktu dan tenaga. Biar kamu tetap berstamina dan fokus juga terjaga, minum saja hemaviton Stamina Plus. Multivitamin yang mengandung Ginseng, Guaranine, dan L-Glutamic Acid untuk membantu memulihkan stamina dan memelihara daya konsentrasi. Minum hemaviton Stamina Plus setiap hari biar kesehatan dan kerjaan nggak terbengkalai.